Studio Podcast UWM Gelar Pameran Anumerta Edward Pilliang

Puji Qomariyah di depan lukisan Affandi. di Studio Podcast UWM. (foto : istimewa)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Studio Podcast ‘Kutunggu di Pojok Ngasem’ Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menggelar Presentasi Tunggal Satu Karya periode II Senin (27/6/2022). Pameran lukisan akan berlangsung selama 30/06/2022-13/04/2023 melibatkan 20 seniman-perupa yang akan secara bergantian setiap dua minggu mempresentasikan karyanya di dinding studio podcast.

Pameran lukisan periode II diawali dengan menampilkan dua karya mendiang Edward Pilliang. “Pada kesempatan ini, ruang presentasi dimaksudkan untuk memberikan penghormatan pada seniman-perupa yang telah tiada dan memberikan sumbangan bagi dunia seni rupa. Sekecil apapun sumbangan tersebut.” kata Wakil Rektor III UWM, Puji Qomariyah.

Bacaan Lainnya

Dua karya mendiang Edward Pilliang, pertama, berjudul “Pembaca Syair Puisi Merah #2” dalam media campuran di atas kanvas berukuran 112 cm x 150 cm. dibuat pada tahun 2017. Kedua, lukisan serie tokoh dengan figur Affandi dibuat dalam medium cat akrilik di atas kanvas berukuran 110 cm x 80 cm. Seniman yang lahir dan besar di Bandung 5 Juni 1969 menyelesaikan studi seni patung di FSRD ISI Yogyakarta pada tahun 1997.

Puji menambahkan, pameran anumerta sebagai apresiasi sivitas akademika UWM kepada seniman bersangkutan selama hidupnya. Ke depan apresiasi tersebut diharapkan bisa menjadi edukasi bagi publik.

Di Yogyakarta, kata Puji, beberapa pameran anumerta pernah dihelat. Di antaranya, Februari 2018 Museum Taman Tino Sidin memamerkan secara anumerta karya-karya sketsa-drawing mendiang perupa Batara Lubis. Kemudian Agustus 2019, karya mendiang Nyoman Sukari di Taman Budaya Yogyakarta. Lukisan karya mendiang Nyoman Sukari dipamerkan dengan tajuk Posthumous Solo Exhibition of I Nyoman Sukari.

Pameran Anumerta karya Edward Pilliang berlangsung 27 Juni – 6 Juli 2022 di Studio Podcast ‘Kutunggu di Pojok Ngasem’ Kampus UWM, KT III/237, Jalan Dalem Mangkubumen, Kalurahan Kadipaten, Kapanewon Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (IY). Pameran bisa dikunjungi secara langsung terbatas dengan terlebih dahulu melakukan reservasi pada Biro 3 UWM. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.