Rektor : Seluruh Pemimpin UII Wajib Bekerjasama Produktif

Rektor melantik delapan Dekan UII Periode 2022-2026.( foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET –– Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Fathul Wahid ST, MSi, PhD mengingatkan seluruh pemimpin, baik di tingkat universitas, fakultas, jurusan, maupun program studi, harus mampu bekerjasama produktif. Seluruh pemimpin juga wajib mengumpulkan energi positif, dan mengorkestrasi ikhtiar kolektif untuk kemajuan UII ke depan yaitu menghasilkan lulusan berkualitas dan memberikan dampak untuk lingkungannya.

Rektor UII mengemukakan hal tersebut saat memberi sambutan pada pelantikan Dekan dan Wakil Dekan UII periode 2022-2026 di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Jumat (1/7/2022). Ada delapan dekan, dua diantaranya incumben dan 16 wakil dekan yang dilantik.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Rektor UII mengatakan hubungan di antara pemimpin dan yang dipimpin ada kalanya ‘menghangat.’ “Jika terjadi hubungan yang ‘menghangat’, saya yakin, sangat mungkin hanya karena pilihan strategi yang berbeda. Perbedaan pendapat merupakan hal yang lumrah, dan dalam beberapa konteks, bahkan perlu dirayakan. Perbedaan bisa memperkaya perspektif dalam memandang sebuah masalah dan juga merumuskan solusinya,” kata Fathul.

Fathul Wahid percaya, diskusi sehat dan adu argumen bernas adalah ruh perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan. Tanpanya, perguruan tinggi akan kehilangan sukma. Karenanya, ketika ada kondisi yang ‘menghangat’, maka pemimpin perlu membuka hati dan pikirannya untuk mencari solusi disepakati.

“Pemimpin yang memahami konteks tentu akan memahami tugasnya. Insya Allah, jika semua yang dihadapi dianggap sebagai tugas, maka Allah memudahkan dirinya untuk menunaikan tugas dengan tuntas. Pemimpin perlu meninggalkan jejak baik,” kata Fathul dengan mengutip ayat Alquran Surat Attaubah 9 :105.

Fathul mengajak pemimpin di lingkungan UII untuk memandang jabatan sebagai sebuah kemuliaan yang ditakdirkan Allah untuk dirawat. “Jabatan bukan berkah, tetapi amanah. Jabatan bukan fasilitas, tetapi pengabdian ikhlas. Jabatan bukan untuk dilayani, tetapi untuk memberi. Maka pesan yang sama ini pun kembali saya sampaikan kepada seluruh Dekan dan Wakil Dekan yang dilantik,” kata Fathul.

Sementara Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII, Drs Suwarsono Muhammad MA mengatakan dari delapan dekan yang dilantik, enam diantaranya orang baru, sedang dua dekan merupakan incumben. Hal ini menunjukkan UII memiliki stok pemimpin yang cukup banyak.

“Di masa depan, negara kita akan menghadapi berbagai krisis, di antaranya, krisis energi, dan krisis pangan. Karena itu, UII diharapkan bisa lebih akseleratif ikut memecahkan persoalan bangsa,” kata Suwarsono.

Dekan UII Periode Tahun 2022-2026: yang dilantik adalah Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika: Johan Arifin, SE, MSi, PhD; Dekan Fakultas Hukum: Prof Dr Budi Agus Riswandi, SH, MHum; Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam: Dr Drs Asmuni, MA; Dekan Fakultas Teknologi Industri: Prof Dr Ir Hari Purnomo, MT; Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaam: Dr-Ing. Ir Ilya Fadjar Maharika, MA, IAI; Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Prof Riyanto, SPd, MSi, PhD; Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya: Dr Phil. Qurotul Uyun, SPsi, MSi; Dekan Fakultas Kedokteran: Dr dr Isnatin Miladiyah, MKes.

Sedang Wakil Dekan UII Periode Tahun 2022-2026: Fakultas Bisnis dan Ekonomika : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Abdul Moin, SE, MBA, MRes, PhD, CQRM; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Drs Achmad Tohirin, MA, PhD. Fakultas Hukum : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Dr. Sri Hastuti Puspitasari, SH, MH; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni: Drs Agus Triyanta, MA, MH, PhD.

Fakultas Ilmu Agama Islam : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Dr. Nur Kholis, SAg, M Sh Ec; 2. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni: Dr. Muhammad Roy Purwanto, SAg, MAg. Fakultas Teknologi Industri : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Ahmad Munasir Raf’ie Pratama, ST, MIT, PhD; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Dr Arif Hidayat, ST, MT.

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Dr Ir Kasam, MT; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Fitri Nugraheni, ST, MT, PhD. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: apt Saepudin, SSi, MSi, PhD; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Tri Esti Purbaningtias, SSi, MSi.

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Resnia Novitasari, SPsi, MA; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Nizamudin Sadiq, SPd, MHum, PhD. Fakultas Kedokteran : 1. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: dr Erlina Marfianti, MSc, Sp PD; 2. Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: dr Zainuri Sabta Nugraha, MSc. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.