UWM Bekali Mahasiswa Menyusun Proposal PKM

Rektor UWM< Prof Edy Suandi Hamid (kanan) memberikan kenangan kepada Prof Fauzy seusai memberikan pembekalan kepada mahasiswa UWM di Yogyakarta, Jumat (16/11/2018). (foto : istimewa)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Widya Mataram (UWM) memberikan pembekalan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di ruang Auditorium Fakultas Ekonomi, Jumat (16/11/2018). Pembekalan yang diikuti 120 mahasiswa dan dosen pembimbing ini menghadirkan pembicara dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Akhmad Fauzy, SSi, MSi, PhD.

Rektor UWM Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc mengatakan ada beberapa hal mendasar yang harus dipahami dan dilaksanakan para peserta. Edy menandaskan kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada program saja. Namun bertujuan agar mahasiswa lebih care dan termotivasi membuat proposal PKM yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

PKM, kata Edy, sangat penting untuk pemeringkatan perguruan tinggi. Mahasiswa harus dibekali pemikiran inovatif kemudian mempraktikkannya. “PKM menjadi relevan pada saat ini, mengingat era disruption innovation menuntut kreativitas dan inovasi. Sehingga hanya ada dua pilihan yakni innovation or die,” tandas Edy.

Sementara Fauzy menjelaskan kiat-kiat menyusun proposal yang diajukan agar bisa lolos dan didanai Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). PKM terdiri dari beberapa skim di antaranya PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *