MTI UII Gelar International Student Gathering

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (16/9/2021), menggelar International Student Gathering. Tahun akademik 2021/2022 MTU UII menerima tiga mahasiswa luar negeri, empat mahasiswa MTI FTI telah menyelesaikan program double degree, dan dua mahasiswa berangkat menempuh double degree di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII, Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, mengatakan International Student Gathering diharapkan dapat menjadi ajang interaksi seluruh mahasiswa yang aktif. Sehingga mereka dapat menjalin komunikasi antar mahasiswa internasional.
 
“Mahasiswa baru yang berasal dari Iraq dan United Arab Emirates, diharapkan dapat membangun kedekatan antar mahasiswa. Sehingga ketika pulang mereka tidak hanya belajar tapi punya keluarga dan sahabat dekat. Mereka juga dikenalkan dengan budaya dan atmosfer kegiatan akademik di kampus UII,” kata Winda Nur Cahyo kepada wartawan secara Daring (dalam jaringan), Kamis (16/9/2021).

Tiga mahasiswa asing, lanjut Winda, adalah Mahmoud Yousef Rushdi Abusafyeh, Abdallah Yousef Rushdi Abusafyeh dan Saif Ali Kamil. Empat mahasiswa MTI FTI UII yang baru menyelesaikan program Double Degree di NTUST Taiwan yaitu Anindya Agripina Hadyanawati, Muhammad Naufal Alfareza, Palmy Rawinda Meliala dan Zakka Ugih Rizqi.

Sedang dua mahasiswa MTI FTI UII yang akan berangkat mengikuti program Double Degree dengan NTUST Taiwan adalah Putri Amalia dan Intan Putri Purnama Ningrum. “Pemberangkatan mahasiswa MTI FTI UII yang kedua ini relatif lancar. Sebab persiapnya lebih matang dibandingkan yang pertama,” kata Winda.

Dijelaskan Winda, berdasarkan data tahun 2019, jumlah penerima beasiswa mencapai 10.418 mahasiswa asing. Sebagai dampak pandemi Covid-19, pemberian beasiswa kepada mahasiswa asing ditiadakan untuk tahun ajaran 2020/2021.

Namun Program Studi Teknik Industri Program Magister UII membuka kesempatan bagi mahasiswa luar negeri untuk mengikuti International Student Mobility Scholarships (Beasiswa Mobilitas Mahasiswa Internasional). Program tersebut merupakan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Program ini diharapkan dapat memperkuat perguruan tinggi di Indonesia, khususnya Magister Teknik Industri FTI UII dalam mengembangkan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi terkemuka di dunia. “Selain itu, juga sebagai upaya untuk mengenalkan mahasiswa yang ada di Magister Teknik Industri FTI UII dengan lingkungan internasional,” tandas Winda.
 
Program ini, kata Winda, membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mewujudkan mimpi mereka. Mereka juga diharapkan mampu mengembangkan kemahiran lintas budaya, memperkuat jejaring internasional dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang ada sekarang ini
 
Program ini juga dapat mengakselerasi mahasiswa MTI FTI UII untuk belajar di luar negeri di kampus ternama. Sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang luar biasa dan membangun kepercayaan diri. Mereka juga diharapkan membangun persahabatan di seluruh dunia, terutama mahasiswa Indonesia yang mengikuti program ini,
 
“Ini kesempatan emas, maka Magister Teknik Industri FTI UII betul-betul mendorong mahasiswanya memanfaatkan kesempatan ini agar mendapat pembelajaran yang terbaik,” tandas Winda.

About The Author

Reply