Enam Prodi FMIPA UII Raih Akreditasi Internasional ASIIN

Rektor UII, Dekan FMIPA, dan Kaprodi bersama Sertifikat Akreditasi ASIIN di Yogyakarta, Selasa (18/1/2022). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Enam Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) meraih Akreditasi Internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

Keenam Prodi yang mendapatkan akreditasi internasional adalah Statistika, Kimia, Pendidikan Kimia, Farmasi, S2 Kimia, dan D3 Analisis Kimia. Akreditasi dan sertifikasi ASIIN tersebut menunjukkan Prodi-prodi di FMIPA UII telah melakukan penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan standar internasional.

Bacaan Lainnya

Rektor UII, Prof Fathul Wahid ST, MSi, PhD merasa bangga atas raihan keenam Prodi di FMIPA. Pencapaian ini akan membuka pintu untuk meningkatkan berbagai hal, di antaranya, penelitian dosen, pendidikan yang lebih baik, dan meningkatkan animo publik.

“Raihan akreditasi internasional ini tidak mempengaruhi biaya kuliah di UII. Selama tiga tahun terakhir tidak ada kenaikan. Bahkan kita memberikan potongan SPP sampai 25 persen,” kata Fathul Wahid saat press conference di Yogyakarta, Selasa (18/1/2022).

Sedang Dekan FMIP UII, Prof Riyanto, SPd, MSi, PhD, mengatakan raihan ini merupakan wujud komitmen FMIPA UII dalam proses penjaminan mutu yang berorientasi pada outcome based education (OBE) yang setara dengan kerangka kualifikasi Eropa untuk pembelajaran sepanjang hayat (European Qualification Framework for Life-Long Learning/EQF-LLL). Untuk Prodi Diploma (D3 Analisis Kimia) telah diakui kesetaraannya dengan level 5 EQF-LLL. Sedangkan untuk Prodi Sarjana (Statistika, Kimia, Farmasi, Pendidikan Kimia) dan S2 Kimia masing-masing setara dengan level 6 dan 7 EQF-LLL.

Infrastruktur FMIPA UII, kata Riyanto, dalam akreditasi sangat memadai seperti fasilitas laboratorium, ruang perkuliahan, teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Fasilitas laboratorium sangat mendukung untuk pengembangan riset, yang mana peralatannya banyak yang telah terstandar dengan berbagai perguruan tinggi di negara maju seperti Eropa dan Amerika.

Akreditasi dan sertifikasi internasional yang diperoleh juga tidak terlepas dari usaha FMIPA UII yang lolos mendapatkan bantuan akreditasi internasional dari Kemendikbud selama dua tahun berturut-turut yaitu 2020 dan 2021. “Visitasi akreditasi dan sertifikasi ASIIN dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni dan 1 Juli 2021 secara Daring untuk dua klaster yaitu klaster kimia yang terdiri dari S1 Kimia, Farmasi, Pendidikan Kimia, S2 Kimia dan D3 Analisis Kimia. Berikutnya adalah klaster Statistika yang hanya ada satu Prodi yaitu Statistika,” kata Riyanto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *