Takmir Masjid Berbagi Kado Lebaran untuk Anak Yatim

Penyerahan Kado Lebaran kepada anak yatim. (foto : istimewa)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Aktivis Masjid Daerah Istimewa Yogyakarta (DPW FKAM DIY) membagikan kado Idul Fitri atau Lebaran kepada anak-anak yatim. Sebanyak 585 paket kado Idul Fitri 1443 Hijriyah dibagikan ke-22 titik lokasi yang tersebar di empat kabupaten dan satu kota di wilayah DIY.

Dalam aksi ini, DPW FKAM yang beranggotakan Takmir Masjid se DIY berkolaborasi dengan berbagai elemen baik dari pemerintah dan elemen masyarakat. Paket kado Lebaran berisi Sembako dan uang senilai masing-masing Rp 250.000.

Bacaan Lainnya

Salah satu lokasi penyerahan Kado Lebaran di Masjid Pangeran Diponegoro Kompleks Balai Kota Pemkot (Pemerintah Kota) Yogyakarta, di Jalan Kenari Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (27/4/2022). Bantuan secara simbolis diterima Wakil Walikota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi, MA yang selanjutnya diteruskan kepada anak yatim.

Kepala Layanan, Pemberdayaan dan Penanggung Jawab Program DPW FKAM DIY, Aris Hananto, SSosI mengatakan di Kota Yogyakarta membagikan 117 paket kado lebaran untuk anak yatim. Aksi ini bersinergi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), Baznas Kota Yogyakarta, dan Komunitas Kala Berbagi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi kepada masyarakat akan pentingnya kepedulian dan perhatian kepada masa depan anak yatim,” kata Aris Hananto.

Aris berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam menyukseskan acara ini. “Bagi para donatur yang telah menitipkan sebagian hartanya, semoga mendapatkan balasan yang berlipat,” katanya.

Menurut Aris, Idul Fitri merupakan momentum istimewa setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Momen kebahagiaan mestinya bisa dirasakan oleh seluruh umat Islam tanpa terkecuali, termasuk anak-anak yatim yang sudah tidak memiliki ayah.

Dijelaskan Aris, jumlah anak yatim akibat pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Kemudian ditambah dengan kondisi perekonomian yang susah, sehingga ada keluarga yatim yang tidak mampu membelikan sekotak kue Lebaran.

“Hal ini menjadi salah satu perhatian Baitul Mal FKAM sebagai lembaga filantropi di bawah lembaga besar FKAM, agar bisa mewujudkan kebahagiaan anak-anak yatim di hari Lebaran. Sekretariat DPW FKAM DIY beralamat di Jalan Bantul km 6,5, Niten RT 6 Dukuh X Glondong, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta,” jelasnya. ***

Pos terkait