Prodi Teknik Kimia UII Jalin Kerjasama dengan UKM

Ajeng Yulianti Dwi Lestari, Ifa Puspasari dan Sholeh Ma’mun saat memberi keterangan kepada wartawan, Jumat (3/12/2021). (foto : istimewa)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi Teknik Kimia (PSTK), Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menjalin kerjasama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Kerjasama diwujudkan dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dan dilaksanakan dua kali webinar.

Ketua Global Engagement Grant (GEG) PSTK UII, Ifa Puspasari, ST, MEng, PhD, menjelaskan kerjasama dengan UKM merupakan implementasi GEG untuk memperkuat recognisi internasional. “Kerjasama ini diharapkan dapat terjalin secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat bagi Prodi Teknik Kimia khususnya, dan UII pada umumnya,” kata Ifa kepada wartawan secara blanded dari Kampus FTI UII Yogyakarta, Jumat (3/12/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut Ifa menambahkan PSTK UII dan UKM telah dua kali menggelar webinar yang merupakan program utama GEG. Webinar 1 mengangkat topik Research and Innovation Commercialization yang dilaksanakan Sabtu (16/10/2021). Sedang Webinar 2 mengangkat tema ‘How to be a Good Researcher’ diselenggarakan Sabtu (20/11/2021).

Ifa yang didampingi Sholeh Ma’mun, ST, MT, PhD dan Ajeng Yulianti Dwi Lestari, ST, MT, Dosen Program Studi Teknik Kimia FTI UII mengatakan narasumber Webinar 1 Prof Dr Ir Dato’ Abdul Wahab Muhammad (UKM) dan Dr Arif Hidayat, ST, MT (UII). Webinar 2 nara sumbernya, Prof Dr Siti Kartom (UKM) dan Sholeh Ma’mun, ST, MT, PhD (UII).

Dalam paparannya, Prof Dato’ Abdul Wahab Muhammad menjelaskan bahwa pentingnya komersialisasi hasil penelitian dosen. Komersialisasi ini dapat menambah kebermanfaatan tidak hanya untuk dosen peneliti dan perguruan tinggi, tetapi juga untuk masyarakat luas. Dato’ juga menjelaskan berbagai macam alur, tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan dosen peneliti dalam komersialisasi inovasi penelitiannya.

Sedang Dr Arif Hidayat, memaparkan banyak penelitian dosen dari UII yang berpotensi untuk bisa dikomersialisasikan dan hasil penelitiannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Arif Hidayat juga memperkenalkan alur untuk melakukan komersialisasi, khususnya produk Teknik Kimia beserta tantangan yang mungkin akan dihadapi peneliti. Juga memperkenalkan produk-produk inovasi dari UII.

Selain itu, UII dan UKM juga bekerjasama dalam team teaching di mana pengajar dari UKM mengajar mata kuliah Kalkulus dan Kimia Dasar selama setengah semester di PSTK UII. Mereka mengajar mahasiswa PSTK UII Program Internasional selama tujuh minggu kuliah. Sehingga mahasiswa PSTK UII dapat merasakan dibimbing dan diajar dosen-dosen berkualitas dari UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.