Prodi Statistika UII Terima Kunjungan Studi Banding dari ULM

Edy Widodo (kanan batik) memperkenalkan Prodi Statistik FMIPA UII kepada tamu dari ULM, Selasa (31/5/2022). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi Statistika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan studi banding Program Studi (PS) Statistika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (31/5/2022). Utusan ULM dipimpin Dewi Anggraini MApp.Sci, PhD, Koordinator PS Statistika FMIPA ULM.

Utusan ULM diterima Kaprodi Statistika FMIPA UII, Dr Edy Widodo, SSi, MSi yang didampingi Arum Handini Primandari SPdSi, MSc, Tuti Purwaningsih SStat, MSi, M Hasan Sidiq Kurniawan SSi, MSc, dan Muhammad Muhajir SSi, MSc. Sedang Dewi Anggraini didampingi Yuwana Sukmawaty MSi, Nur Salam MSc, dan Trikusuma Aji Saputra SMat.

Bacaan Lainnya

Dewi mengungkapkan kunjungan ke Prodi Statistika UII untuk melakukan studi banding tentang penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Ia jugs mengungkapkan peluang kerjasama antara PS Statistika ULM dan Prodi Statistika UII. “Selain itu, juga penerapan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan pengelolaan laboratorium,” kata Dewi.

Edy Widodo menyambut hangat Dewi Anggraini dan rombongan serta menyuguhkan banyak informasi tentang Prodi Statistika UII. Hasan Sidiq Kurniawan menjelaskan tentang penyusunan kurikulum MBKM dan penerapannya. Sedang Arum Handini Primandari menjelaskan tentang pengelolaan laboratorium.

Arum Handini Primandari (kiri) menjelaskan tentang Laboratorium Statistik Manajemen Kebencanaan. (foto : heri purwata)

Setelah mendapat penjelasan tentang kurikulum, Dewi dan rombongan meninjau Laboratorium Terpadu milik FMIPA UII. Kemudian Dewi dan kawan-kawan diajak melihat Candi Kimpulan yang ada di Komplek Perpustakaan UII.

Dijelaskan Edy Widodo, studi banding dari PS Statistika ULM ini membahas pertama, tentang kurikulum pelaksanaan MBKM di Prodi Statistika UII. Kedua, proses pembelajaran khususnya di laboratorium. Ketiga, penjajagan kemungkinan jenis-jenis kerjasama yang bisa dilakukan antara Prodi Statistika UII dan Prodi Statistika Universitas Lambung Mangkurat, Bamjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Tadi sudah ketemu beberapa titik kerjasama bidang pendidikan akan dilakukan pertukaran staf dan mengajar. Kemudian pengiriman mahasiswa dari ULM ke UII. Sedang terkait dengan penelitian yang akan dilakukan secara bersama-sama. Khususnya, terkait dengan kebencanaan. Juga aka dilakukan pengabdian kepada masyarakat,” kata Edy Widodo.

Selain itu, Edy juga menjelaskan tentang Invisio yang merupakan keunggulan dari Prodi Statistika UII. Invisio ini melibatkan mahasiswa dalam loyalitas dari alumni dan mahasiswa. Invisio merupakan bagian dari Prodi Statistika yang bekerjasama dengan para alumni.

“Gampangnya, Invisio ini Humasnya Prodi Statistika yang dikelola mahasiswa. Tetapi untuk masuk ke Invisio mahasiswa harus mengikuti tes, mereka yang lolos mendapat pelatihan sehingga baru bisa mengisi konten website Invisio,” kata Edy. (*)

Pos terkait