Prodi Akuntansi UII Gelar Kompetisi BSG Bagi Siswa SMA/K/MA

Tim Calon Mantu dari SMK Telkom Malang, Jawa Timur. (foto :screenshootyoutube/heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi (Prodi) Akuntasi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kompetisi Business Simulation Games (BSG) 2022. Kompetisi bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) ini dimaksudkan untuk meningkatkan semangat generasi muda untuk berwirausaha.

Dijelaskan Ketua Panitia, Rizki Hamdani, SE, MAk, Ak, CA, BSG 2022 merupakan kompetisi simulasi bisnis dengan menggunakan konsep gamification. Di BSG 2022, peserta lomba bisa merasakan sensasi menjalankan bisnis dengan menggunakan platform teknologi MonsoonSIM.

Bacaan Lainnya

“Selain kompetisi simulasi bisnis, peserta juga dapat mengikuti kompetisi video simulasi bisnis. Pada tahun ini, BSG 2022 menyediakan hadiah dengan total Rp 50 juta untuk para pemenang. (Website BSG UII dapat diakses pada link: https://accounting.uii.ac.id/bsg/ ),” kata Rizki Hamdani, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut Rizki Hamdani menjelaskan babak penyisihan BSG 2022 diadakan secara Daring, Ahad (20/3/2022) dan diikuti 41 tim dari SMA/SMK/MA seluruh Indonesia. Masing-masing tim beranggotakan tiga orang siswa. Setelah mengikuti babak penyisihan, terpilih 10 tim terbaik yang mengikuti babak final Sabtu (26/3/2022).

Di babak final, mereka memperebutkan gelar Juara 1, Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2, dan Juara Harapan 3. Tahapan awarding pengumuman pemenang BSG UII 2022 diselenggarakan secara Daring, Kamis (31/3/2022).

Juara business simulation games, Juara 1, Tim JMJ Corp dari SMAK Penabur Kelapa Gading Jakarta; Juara 2 Tim Material Growl dari SMAK Penabur Kelapa Gading, Jakarta; Juara 3 Tim Tensaka dari SMA Negeri 1 Kalasan, Yogyakarta. Kemudian Juara Harapan 1 Tim Tweenix dari SMA Negeri 26 Jakarta; Juara Harapan 2 Tim Skahima Cerdas dari SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah; dan Juara Harapan 3 Tim Jesaba Venture dari SMA Negeri 1 Jetis, Yogyakarta.

Sedang juara kompetisi video simulasi games, Juara 1 Tim Calon Mantu dari SMK Telkom Malang, Jawa Timur; Juara 2 Tim KPRJ dari SMA Negeri 6 Yogyakarta; Juara 3 Tim Youth Mutual dari SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang, Jawa Tengah. Sedang Juara Harapan 1 Tim Skahima Berkualitas dari SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah; Juara Harapan 2 Tim LUGU Pengacara dari MA Miftahunnajah Sleman, Yogyakarta; Juara Harapan 3 Tim Material Growl dari SMAK Penabur Kelapa Gading, Jakarta.

Sementara Ketua Program Studi Akuntansi UII, Dr Mahmudi, SE, MSi, CMA, CA mengatakan BSG dimaksudkan untuk menggugah semangat siswa SMA/SMK/MA se-Indonesia. Terutama dalam mengembangkan skill bisnis dan kewirausahaan menggunakan teknologi dapat terus berkembang.

“Prodi Akuntansi UII merupakan Prodi yang sudah sangat berpengalaman. Kami sudah berdiri lebih dari 40 tahun dan akreditasi kami telah meraih akreditasi unggul dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan kurikulum berbasis teknologi. Selain itu, akreditasi internasional Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dari Inggris juga berhasil diraih,” kata Mahmudi.

Profesi Akuntansi, tambah Mahmudi, memiliki prospek karir yang cemerlang di masa mendatang. Hal tersebut dibuktikan dengan output alumni yang tersebar di berbagai institusi seperti BNI pusat, Departemen Keuangan RI, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Bank Dunia, dan institusi lainnya. “Ini memberikan bukti bahwa kami memberikan bekal keterampilan, pengetahuan, dan moral kepada mahasiswa,” kata Mahmudi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *