FTI UII dan PT Yamaha Indonesia Perpanjang Kerjasama

Rektor UII (kiri) dan Presdir PT Yamaha Indonesia menandatangani naskah kerjasama di Kampus FTI Yogyakarta, Rabu (22/6/2022). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) dan PT Yamaha Indonesia memperpanjang kerjasama di bidang pendidikan magang, Perpanjangan kerjasama ini dilakukan karena kehadiran mahasiswa magang dari FTI UII bisa memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan alat musik, PT Yamaha Indonesia.

Naskah perpanjangan kerjasama ditandatangani Rektor UII, Prof Fathul Wahid ST, MSc, PhD dan Takashi Sugita, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia di Kampus FTI UII, Rabu (22/6/2022). Kerjasama pertama kali dilakukan pada tahun 2016 yang melibatkan sembilan mahasiswa. Namun kini jumlah mahasiswa magang bertambah menjadi 20 mahasiswa per semester. Bahkan di antara mahasiswa yang magang tersebut telah direkrut sebagai karyawan PT Yamaha Indonesia setelah lulus.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Fathul Wahid, hal yang menarik dari kerjasama adalah mahasiswa mendapatkan kesempatan dan berinteraksi langsung dengan dunia nyata, serta terlibat untuk memahami masalah di lapangan. “Sekaligus mahasiswa diminta untuk mendesain solusinya. Solusi yang didesain mahasiswa harus dipresentasikan di hadapan pimpinan Yamaha Indonesia. Kemudian pihak Yamaha mengambil yang terbaik dan diterapkan untuk menyelesaikan masalah yang ada di lapangan,” kata Fathul Wahid.

Bagi perguruan tinggi, lanjut Fathul, kerjasama ini menambah mitra strategis sebab perguruan tinggi membutuhkan banyak tempat magang untuk mahasiswa. Cara demikian, mahasiswa memiliki kesempatan lebih luas untuk berhadapan dengan dunia riil. Termasuk mengasah kemampuannya untuk mengumpulkan informasi yang relevan, plus menjadikannya informasi yang bermanfaat dalam mendesain solusi masalah yang dihadapi perusahaan di tempat magang.

“Selama delapan tahun terakhir sudah ada 150 mahasiswa yang magang. Mereka juga berbahagia, selain mendapatkan tempat magang, juga mendapatkan penghargaan dalam bentuk biaya hidup. Insyaallah penghargaan itu akan memotivasi mahasiswa,” jelas Fathul.

Bahkan ada di antara mahasiswa magang bekerja di PT Yamaha Indonesia. Sebab mereka dianggap memiliki kapasitas yang pas dan dibutuhkan perusahaan tersebut.

Sedang Presdir Yamaha, Takashi Sugita, mengatakan mahasiswa memerlukan tempat berlatih. “Saya bersyukur adanya mahasiswa magang mendapatkan kontribusi dari mereka,” kata Takashi.

Sementara Muchamad Sugarinda ST, MTI, Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII mengatakan tahun 2016 UII dan PT Yamaha Indonesia mengawali kerjasama dengan memberikan kesempatan magang selama emam bulan untuk enam mahasiswa Teknik Industri dan tiga mahasiswa Teknik Mesin.

Berdasar hasil evaluasi batch 1, jelas Sugarinda, PT Yamaha Indonesia merekrut kembali mahasiswa Teknik Industri dan Teknik Mesein FTI UII dengan jumlah yang lebih banyak. Dari sembilan mahasiswa per semester menjadi 15 mahasiswa per semester dan bahkan tertinggi ada 20 mahasiswa FTI UII.

“Kerjasama ini berlanjut hingga saat ini telah memasuki tahun ke tujuh. Secara keseluruhan, PT Yamaha Indonesia telah merekrut lebih dari 150 mahasiswa untuk magang dan beberapa alumni magang telah direkrut menjadi karyawan PT Yamaha Indonesia,” kata Sugarinda.

Mahasiswa, kata Sugarinda, ditantang untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang sebelumnya telah dipetakan pihak PT Yamaha Indonesia untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. “PT Yamaha Indonesia merasakan keterlibatan mahasiswa FTI UII dalam magang berperan penting dalam kelancaran dan keberhasilan project productivity improvement,” ungkap Sugarinda. (*)

Pos terkait