Bulan Muharam, Baznas Kulonprogo Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Baznas
Tri Saktiyana menyerahkan santunan bagi anak yatim yang disaksikan Alfanuha. (foto : istimewa)

KULONPROGO, JOGPAPER.NET — Bulan Muharam 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 440 anak yatim/piatu/yatim piatu dan 17 panti. Santunan sebesar Rp 326,5 juta secara simbolis diserahkan Pj Bupati Kulonprogo Drs Tri Saktiyana MSi didampingi Ketua Baznas, Alfanuha Yushida di Aula Adikarto kompleks Pemkab Kulonprogo, Senin, (8/8/2022).

Alfanuha Yushida mengatakan 440 anak berasal dari masing-masing kalurahan/kelurahan lima anak. Sedang 17 berasal dari panti asuhan atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).

Bacaan Lainnya

“Dengan semangat Muharram kita jaga anak yatim dan berbagi kebahagian kepada anak yatim. Total jumlah anak yatim yang kita santuni 440 anak yatim dari 12 kapanewon. Artinya setiap kalurahan ada sekitar 5 anak yatim,” kata Alfanuha.

Perincian dana yang disalurkan yaitu santunan anak yatim non panti sebesar Rp 220 juta dan bantuan melalui Panti/LKSA sejumlah Rp 106,5 juta. Penyerahan secara simbolis kepada 75 anak yatim yang berada di Kapanewon Wates dan Pengasih serta 17 perwakilan panti.

“Kami memang belum bisa menjangkau seluruh anak yatim. Namun setidaknyadengan santuan bagi anak yatim ini dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka,” tambah Alfanuha.

Sementara Tri Saktiyana M.Si, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. Tri Saktiyana berharap bantuan yang diserahkan dapat meringankan beban yang dirasakan oleh anak-anak yatim piatu. (*)