UWM Kerjasama dengan Dua Universitas Korea

Jumadi (kanan) sedang menandatangani naskah MoU dengan perguruan tinggi Korea Selatan di Yogyakarta, Rabu (17/1/2018). (foto : istimewa)

YOGYAKARTA — Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta menandatangani kerjasama dengan dua perguruan tinggi Korea Selatan, Dong-A University dan Busan Foreign Student University. Penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan kedua perguruan tinggi Korea Selatan tersebut dilaksanakan di Yogyakarta, Rabu (17/1/2018).

Penandatangan naskah kerjasama dilakukan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Humas dan Kerjasama Dr Jumadi, SE, MM. Sedangkan Dong-A University diwakili Park Eun- Kyung dan Busan Foreign Student University diwakili Joo Young In.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Jumadi, penandatangan dilakukan bersamaan dengan digelar Open Ceremony-Korea Student Internship Program. Bidang kerjasama yang dilakukan mencakup pertukaran mahasiswa (student exchange), pertukaran dosen (lecture exchange), conference, congresses, symposia, sharing research, published dan internship. “Ini dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan,” tandas Jumadi.

Jumadi (kanan) dan perwakilan perguruan tinggi Korea Selatan memperlihatkan MoU yang baru saja ditandatangani. (foto : istimewa)

Pelaksanaan kerjasama internship, kata Jumadi, Dong-A University mengirimkan dua mahasiswa di UWM sudah dimulai tahun 2017 dan tahun ini merupakan tahun kedua bagi Dong-A University. Sedang bagi Busan University merupakan tahun pertama kerjasama internship di UWM.

“Diharapkan pada tahun berikutnya UWM dapat mengirim student exchange dan internship ke Dong-A University dan Busan University. Sehingga kerjasama ini akan semakin bermanfaat bagi kedua belah pihak baik UWM maupun mitra kerjasama,” kata Jumadi.

Kegiatan internship, jelas Jumadi, dilaksanakan selama satu bulan, dimulai Kamis (18/1/2018). Kegiatan internship di Yogyakarta melibatkan civitas akademika terutama mahasiswa dari UWM. “Program ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak. Internship Program diharapkan dapat menjadi wadah dan kesempatan bagi mahasiswa UWM untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan mengenalkan kampus berbasis budayanya kepada mahasiswa asing,” harapnya.

Di samping itu, mahasiswa Korea Selatan juga mendapatkan manfaat yaitu mengenal UWM dan budaya Indonesia serta berkesempatan mentransformasikan wawasan tentang pendidikan, sosial, budaya Korea. “Pada pembukaan Internship juga diputar video tentang profil UWM, agar delegasi Korea Selatan mengenal UWM Yogyakarta,” ujar Jumadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *