UNY Kembali Juarai Rektor Cup 2022

Aris Prastowo (tengah) mewakili Bupati menyerahkan tropi dan uang pembinaan pada UNY di Wates, Ahad (22/5/2022). (foto : heri purwata)

KULONPROGO, JOGPAPER.NET — Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menjadi juara turnamen tenis Rektor Cup 2022 di lapangan tenis Alun-alun Wates, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ahad (22/5/2022). Sejak diadakan turnamen tenis Rektor Cup, tahun 2017, UNY selalu menjadi juara. Di final UNY mengalahkan Penjas dengan angka 2-1. Sedang juara ketiga diraih Pop dan BTC Kalibawang.

Pada pertandingan final, partai pertama UNY, Sunardiyanto/Abdul Alim mengalahkan Senna/Suharyadi 8-1. Partai kedua, Hari Yulianto/Ismail Gani kalah atas pasangan Yudha/R Eko Wahyu 6-8. Partai penentuan, Subagyo/Sridadi menang 8-5 atas pasangan Sawiyo/Ari.

Bacaan Lainnya

Subagyo/Sridadi sempat ketinggalan 1-3. Namun kemudian Subagyo/Sridadi dapat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan bahkan bisa meninggalkan Sawiyo/Ari 6-3. Perolehan angka menjadi 6-4, 7-4, 7-5 dan akhirnya Subagyo/Sridadi berhasil menyelesaikan permainan dengan nilai 8-5.

UNY berhasil maju ke babak final setelah mengalahkan Kalibawang 2-1. Sedang Penjas mengalahkan Pop 2-0. Juara pertama mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 3 juta, juara kedua tropi dan uang pembinaan Rp 2 juta. Sedang juara ketiga masing-masing mendapat tropi dan uang pembinaan Rp 1 juta.

Tropi dan uang pembinaan untuk juara pertama diserahkan Aris Prastowo, SOs, MSi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kulonprogo mewakili Bupati. Tropi dan uang pembinaan juara kedua diserahkan AKP Dr H Heru Meiyanto MSI, MM, MAP, Kapolsek Pengasih mewakili Kapolres. Sedang tropi dan uang pembinaan juara ketiga diserahkan Ketua Koni Kulonprogo, Kusdiro dan Ketua Pengkab Pelti, H Amin Kurnanta.

Aris Prastowo menyambut baik turnamen tenis Piala Rektor UNY. Turnamen ini dinilai memberikan gairah baru bagi pertenisan di Kabupaten Kulonprogo.

“Saya mengharapkan even-even seperti ini terus dilakukan entah kerjasama Pelti dengan berbagai instansi. Banyaknya even seperti ini, tenis menjadi lebih bermasyarakat. Pertumbuhan lapangan saya rasa cukup signifikan dan bisa mendorong pertumbuhan atlet tenis Kulonprogo. Permasalahan yang dihadapi selama ini adalah regenerasi yang terbatas,” kata Aris Prastowo.

Para juara turnamen tenis Piala Rektor UNY 2022. (foto : heri purwata)

Sementara Rektor UNY, Prof Dr Sumaryanto MKes, AIFO mengatakan turnamen tenis Piala Rektor yang diselenggarakan di Kabupaten Kulonprogo ini membuat iri kabupaten lain di DIY. Sehingga Piala Rektor UNY untuk memperingati Dies Natalis ini juga akan diselenggarakan di Kabupaten Sleman.

“Tahun ini (2022), mohon doa bapak ibu, hari Jumat 9 September, penggemar tenis Kulonprogo akan kita undang lagi untuk mengikuti turnamen tenis. Insyaallah GOR UNY yang ada indoor lapangan tenis dua, dan basket akan selesai,” kata Sumaryanto.

UNY juga bersiap membantu pembinaan atlet-atlet Kulonprogo untuk menghadapi Porda DIY. “Membantu tidak hanya tata kelola atau manajerial Porda. Tetapi juga membantu orangnya, pelatih, oficial, atlet kita proyeksikan dan kita arahkan untuk Kulonprogo. Target minimal, Kulonprogo bisa menjadi juara 3 di Porda DIY,” katanya.

UNY, kata Sumaryanto, juga telah membangun sarana dan prasarana, dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar untuk kampus Wates. “Dana tersebut digunakan untuk membangun Gedung Vokasi dan Plaza UNY. Plaza UNY ini tidak hanya untuk jualan produksi Kulonprogo. Tetapi orang yang mengelola juga dari Kulonprogo,” ujarnya. (*)

Pos terkait