Siti Dinar, Lulusan Cumlaude Masa Pandemi Prodi Magister Teknik Industri UII

Teknik Industri, Magister, UII
Winda Nur Cahyo (kiri), Siti Dinar dan Muhammad Ridwan. (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Siti Dinar Rezki Ramadhani, merupakan lulusan cumlaude dari Program Studi Teknik Industri, Program Magister Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII). Ia baru saja diwisuda bersama 706 lulusan Periode VI Tahun Akademik 2021/2022 , Sabtu (30/7/2022) lalu.

Siti Dinar merupakan mahasiswa masa pandemi Covid-19. Ia masuk saat awal dan lulus pada akhir pandemi Covid-19. Kuliah lebih banyak melalui virtual dan jarang tatap muka dengan dosen di kampus. Sehingga banyak dosen yang tidak mengenalnya saat di wisuda.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak kenal, kalau tidak dipanggil namanya saat wisuda. Karena kuliah secara virtual, dan mbak Siti Dinar ini tidak pernah meng-on-kan kamera. Jadi saya tidak kenal,” kata Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII┬Ěkepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

Siti Dinar Rezki Ramadhani yang dibimbing Ir Muhammad Ridwan Andi Purnomo, ST, MSc, PhD, IPM menulis tesis berjudul ‘Optimasi Rute Distribusi Berdasarkan Vehicle Routing Problem dengan Fuzzy Time Windows.’ Tesis ini meneliti tentang efisiensi penghantaran barang atau produk perusahaan ke toko-toko pelanggannya.

Siti Dinar. (foto : heri purwata)

Dijelaskan Siti Dinar, distribusi merupakan kegiatan pengiriman suatu produk yang sangat penting bagi perusahaan. Namun untuk menghantarkan suatu produk hingga sampai ke tangan konsumen, khususnya toko retail tidak bisa dilaksanakan setiap waktu.

Karena itu, kata Siti Dinar, perusahaan harus mempertimbangkan jarak tempuh, waktu pengiriman barang agar tidak menganggu aktivitas pelanggannya. Seperti, menganggu kenyamanan pelanggan toko yang sedang berlanja, lalu lintas di depan toko retail dan lain-lain.

“Hasil penelitian diketahui mampu mengoptimalkan waktu tempuh dengan waktu penyelesaian yang singkat. Usulan rute VRPTW (Vehicle Routing Problem with Time Windows) distribusi yang optimal metode algoritma genetika with fuzzy time windows adalah enam hari dalam waktu tempuh selama 29.6 jam mampu menghemat waktu sebanyak 15% dari rute awal perusahaan,” kata Siti Dinar.

Penelitian ini dilakukan pada perusahan air minum dalam kemasan (AMDK) merek AirKu produksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebelumnya, perusahaan AirKu sudah memiliki jadwal pengiriman produk ke pelanggannya.

Lebih lanjut Siti DinarRezki Ramadhani menjelaskan solusi penelitian untuk pemaksimalan tingkat kepuasaan ritel dengan pendekatan Fuzzy Time Windows ialah selama 6 hari dengan total tingkat ketepatan sebesar 89.3% dari ketepatan rute perusahaan sebesar 61.8%. “Pada kegiatan distribusi juga pada akhirnya akan berpengaruh pada waktu dan ketepatan kedatangan armada distribusi,” kata Siti Dinar. 

Siti Dinar menggunakan metode algoritma genetika (AG) dapat mengetahui rute terpendek dan memaksimalkan nilai ketidakpastian kedatangan kendaraan Fuzzy time windows. Performa algoritma dapat ditentukan dengan membandingkan nilai optimum yang diperoleh dari metode AG dengan nilai fuzzy time windows. “Semoga hasil penelitian ini bisa diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan lain,” harap Siti Dinar. (*)