JRR Kesatria Jalanan dari RAPI DIY

Awal tahun 2022, belasan motor dengan kecepatan tinggi beriringan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menuju Kabupaten Lumajang. Tampak semua motor dilengkapi alat komunikasi sejenis handy talkie (HT) didukung antena setinggi 1 meter lebih terpasang di belakang jok untuk mendukung komunikasi sepanjang perjalanan. Jarak tempuh lebih dari 400 kilometer bukan halangan dalam menyampaikan niat mulia untuk menyampaikan bantuan dari anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di DIY untuk korban letusan Gunung Semeru.

Barisan puluhan motor itulah Jogja RAPI Riders (JRR) merupakan relawan yang tergabung pada satuan tugas RAPI Daerah 12 DIY. JRR eksis mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan, didukung dengan kewajiban kepemilikan kendaraan roda dua bagi anggota untuk mendukung pengabdiannya.

“JRR berdiri secara resmi 28 Agustus 1998, sewaktu ada kegiatan Kidung RAPI di Sekretariat RAPI DIY, yang saat ini sudah menjadi embung Langensari Yogya. Saat itu JRR dilantik Ketua RAPI DIY Bambang Waskita, dengan anggota 9 orang,” jelas Sriwata JZ12NE, salah satu pendiri JRR.

Di lain tempat, Ketua JRR Ananto Subaryanto JZ12BDH, mengungkapkan
“JRR ini diawali dari komunitas masyarakat, namun, setelah di bawah RAPI DIY maka keseluruhan anggota JRR merupakan anggota RAPI. Saat ini ada lebih dari 40 anggota,” ujar Ananto ditemui saat memantau akfitivitas POS Bankom Lebaran RAPI Sleman Timur di Prambanan Sleman.

Abi W dan Ananto Subaryanto (foto:JZ12ARI)

Di tempat yang sama, RM. Nurdi Antoro, Ketua RAPI DIY, menjelaskan lebih lanjut
“JRR ini melayani masyarakat luas, tidak hanya untuk kepentingan RAPI saja. Niatnya untuk membantu masyarakat luas. Monggo kepada yang membutuhkan bisa menghubungi Ketua JRR. Pengurus RAPI Daerah siap membantu sepenuhnya dalam rangka pengabdian kepada masyarakat luas,” kata Nurdi.

Nurdi hadir di Pos Bankom RAPI di Prambanan, Sleman Timur, dalam rangka meninjau kesiapsiagaan Pos Bantuan Komunikasi Lebaran, didampingi oleh Ketua Bidang lain, Denny Dandung JZ12DH, Argo JZ12ARG, Bobby Handoko JZ12AXE, Ketua RAPI Sleman Untung Sukaryadi serta jajaran Pengurus Daerah RAPI DIY.

Nurdi menambahkan, kiprah JRR memang luas mulai dari pengawalan kegiatan RAPI, juga kegiatan masyarakat umum. Pengawalan ini menggunakan kendaraan motor roda dua, tanpa meminta imbalan kepada masyarakat yang dibantu.

Di akhir perbincangan, Ketua II RAPI DIY, Denny Dandung JZ12DH mengimbuhi bahwa JRR ini sudah profesional dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, karena sudah mengikuti pelatihan berupa Bimbingan Organisasi RAPI. Sehingga kemampuan melayani masyarakat sudah terlatih, seperti halnya pengawalan rombongan kendaraan pemakaman, mengawal kegiatan peninjauan sekolah, pengawalan pengiriman bantuan bencana. Dicontohkan saat terjadi Gempa Bumi Yogya tahun 2006, JRR banyak andil dalam mendistribusikan bantuan untuk korban gempa hingga ke pelosok dan perbukitan. (Iswara JZ12ARI)

Pos terkait