Tanoto Foundation Perpanjang Kemitraan dengan UGM

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Tanoto Foundation memperpanjang kerjasama kemitraan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Penandatanganan perpanjangan naskah kerjasama dilakukan Lucky Kurniawan (Sekretaris Yayasan Bhakti Tanoto) dan Dr Paripurna, SH, MHum, LLM (Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Universitas) yang disaksikan Satrijo Tanudjojo, Global CEO Tanoto Foundation dan Prof Ir Panut Mulyono, M.Eng, DEng, Rektor UGM di Yogyakarta, Jumat (17/5/2019).

Dijelaskan CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo ada tiga dokumen yang ditandatangani kedua belah pihak. Pertama, perpanjangan nota kesepahaman kemitraan sebagai payung untuk semua dukungan Tanoto Foundation kepada UGM Kedua, perpanjangan perjanjian kerja sama pemberian beasiswa. Ketiga, perjanjian kerja sama pemberian dana abadi (endowment fund).

Lebih lanjut Satrijo mengatakan kemitraan Tanoto Foundation dengan UGM telah terjalin sejak 2006. Tanoto Foundation memberi bantuan berupa dukungan beasiswa dan non-beasiswa. “Kemitraan ini diharapkan bisa membantu perbaikan proses belajar mahasiswa di UGM sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia,” kata Satrijo Tanudjojo.

Seusai penandatanganan perpanjangan kemitraan, kata Satrijo, Tanoto Foundation menyerahkan dukungan dana abadi sebesar Rp 500 juta untuk pengembangan pendidikan di UGM. Tanoto Foundation menjadi organisasi filantropi independen pertama yang memberikan dana abadi kepada UGM.

Dukungan Tanoto Foundation kepada UGM sebelumnya antara lain, program kepemimpinan dan beasiswa sejak 2006 yang hingga saat ini telah mendukung 508 mahasiswa. Tanoto Professorship Award pada 2007 berupa dana riset kepada Prof. Dr. Ir SM Widyastuti, MSc, senilai Rp 1,2 miliar.

Selanjutnya, pembangunan Tanoto Floor di Fakultas Kehutanan UGM pada 2010, berupa fasilitas ruangan pendukung pembelajaran seluas 680 m2 dengan nilai Rp 1 miliar. Pada 2013-2016, setiap tahun Tanoto Foundation memberangkatkan dosen-dosen UGM ke The Wharton School untuk belajar menyusun paper agar dipublikasikan di jurnal internasional tier 1.

“Tanoto Foundation juga memberikan berbagai dukungan kepada mahasiswa untuk berkompetisi di tingkat internasional. Dari berbagai program dan kegiatan tersebut, total dukungan Tanoto Foundation kepada UGM mencapai lebih dari Rp 6,5 miliar,” ujar Satrijo

Menurut Satrijo, Tanoto Foundation meyakini pendidikan berkualitas akan mempercepat terciptanya kesetaraan peluang. Sehingga bersama-sama dengan para mitra, termasuk UGM, Tanoto Foundation mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup generasi muda. Di antaranya, melalui peningkatan pendidikan berkualitas secara holistik, mulai sebelum lahir dan tumbuh menjadi pemimpin muda, hingga menuju usia dewasa yang produktif.

Sementara Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono, MEng, DEng, mengatakan UGM memiliki visi yang sejalan dengan Tanoto Foundation dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kemitraan ini sudah terjalin sejak lama dan berjalan dengan baik.

“Dengan perpanjangan kesepakatan kerja sama, ditambah dengan dukungan-dukungan yang lain, kami berharap bisa bersama-sama dengan Tanoto Foundation dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia,” kata Panut Mulyono.

About The Author

Reply