Ambar Rukmini Profesor Pertama UWM

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Dr Ir Ambar Rukmini, MP menjadi profesor pertama Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta. Kamis (2/5/2019), dosen Fakultas Teknologi Pertanian ini menerima Surat Keputusan (SK) Guru Besar di Kampus UWM Yogyakarta.

Penyerahan SK Guru Besar dilakukan Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Prof Dr Didi Achjari, SE, MCom, Akt kepada Rektor UWM Yogyakarta, Prof Edy Suandi Hamid. Selanjutnya, Prof Edy Suandi Hamid menyerahkan kepada Prof Ambar Rukmini yang juga Wakil Rektor I UWM Yogyakarta.

Prof Edy Suandi Hamid berharap penyerahan SK ini bisa memotivasi dosen-dosen UWM yang sudah memenuhi syarat untuk segera mengurus gelar profesornya. Sebab semakin banyak dosen bergelar profesor akan meningkatkan daya tarik bagi masyarakat.

“Menjadi Guru Besar memang tidak mudah. Butuh belasan atau puluhan tahun untuk menyiapkan berbagai karya akademik yang diwajibkan. Setelah itu, proses evaluasi dan administratif juga harus dilalui. Proses tersebut terkadang memakan waktu bertahun-tahun sehingga seringkali membuat frustasi. Namun itulah perjuangan dan seharusnya menjadi impian setiap dosen,” kata Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan Guru Besar bukanlah untuk gagah-gagahan. Guru besar merupakan simbol akademik dan itu harus terus dijaga. “Guru Besar dituntut secara rutin melahirkan karya-karya akademik serta membimbing para dosen lain untuk mencapai derajat pendidikan lebih tinggi,” ujar Edy.

Sementara Prof Didi Achjari mengatakan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi merupakan bukti dan apresiasi kinerja dalam proses pencapaian jabatan akademik tertinggi bagi profesi dosen. Ia berharap prestasi ini bisa menjadi magnet bagi calon mahasiswa untuk menempuh studi di UWM.

Didi juga berharap prestasi Prof Ambar Rukmini ditiru dosen-dosen lain di UWM Yogyakarta. Sehingga potensi besar yang dimiliki UWM bisa mengimbangi kampus swasta besar lain di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

About The Author

Reply