Farmasi UII Menerima Kunjungan UP Jakarta

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menerima kunjungan studi banding pimpinan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (UP) Jakarta, Senin (29/4/2019). Pimpinan Fakultas Farmasi UP Jakarta melakukan sharing tentang kurikulum tingkat sarjana, Profesi Apoteker dan Strategi menghadapi Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI).

Rombongan Pimpinan Fakultas Farmasi UP Jakarta diterima Ketua Jurusan Farmasi FMIPA UII, Dr Yandi Syukri, MSi, Apt di Ruang Sidang Utama FMIPA UII. Yandi Syukri didampingi Saepudin, SSi, MSi, PhD, Apt, Kaprodi S1 Farmasi dan Dr Farida Hayati, SSi, MSi, Apt, Kaprodi Profesi Apoteker.

Wakil Dekan 1 Fakultas Farmasi UP Jakarta, Prof Dr Syamsudin, M.Biomed, Apt, mengatakan ingin mendapatkan gambaran dan penjelasan tentang kurikulum S1 Farmasi dan Profesi Apoteker, serta proses pembelajaran yang dilakukan Profesi Apoteker untuk menyiapkan mahasiswa menghadai UKAI. Sebab UKAI ini menentukan kelulusan tingkat Profesi Apoteker. Sehingga mahasiswa perlu dipersiapkan dengan kurikulum pembelajaran di tingkat sarjana farmasi (S1).

Selain itu, UP Jakarta juga ingin mengetahui tentang cara UII mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti Ujian Kompetensi Apoteker dengan metode Objective Structure Clinical Examination (OSCE). Sehingga UII bisa melahirkan lulusan yang sesuai dengan standard yang telah ditentukan.

Yandi Syukri menyampaikan rasa bangga menerima kunjungan studi banding dari Fakultas Farmasi UP Jakarta. Ia mengatakan Farmasi UP merupakan perguruan tinggi farmasi swasta tertua di Indonesia.

“Jujur saya merasa bangga dengan adanya kunjungan Fakultas Farmasi UP Jakarta ke Jurusan Farmasi UII. Karena Farmasi UP itu jauh lebih senior dibanding kami, pastinya lebih banyak pengalaman yang justru bisa kami dapatkan,” kata Yandi Syukri saat menyambut rombongan UP Jakarta.

Ketua Prodi Sarjana Farmasi, Saepudin, memaparan tentang visi misi, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan beserta pengukurannya dan struktur kurikulum.

Sedangkan Farida Hayati, menyampaikan tentang kurikulum yang diterapkan di Profesi Apoteker. Di antaranya, menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Praktek Kerja Profesi Apoteker (PSPA) hingga persiapan PSPA UII dalam menghadapi UKAI terutama UKAI OSCE.

Selain itu, rombongan juga diajak berkeliling melihat beberapa fasilitas laboratorium Farmasi FMIPA UII. Mereka berkunjung ke Laboratorium Mini Teaching Hospital (MTH), Laboratorium Teknologi Farmasi, Laboratorium Riset dan mengunjungi gedung OSCE Farmasi UII.

About The Author

Reply