Mahasiswa Unud Raih Tiga Penghargaan di Malaysia

DENPASAR, JOGPAPER.NET — Lima mahasiswa Universitas Udayana (Unud) Bali meraih tiga penghargaan pada kompetisi Internasional I2CREATE (International Innovation Creativity and Technology Exhibition) di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/04/2019). Penghargaan berupa Gold Medal award, Special Awards Medal: Highest Standard of Excellence, dan Special Awards Trophy Sri Ramakrisna Institute of Technology.

Kelima mahasiswa Unud terdiri Florensia Rahati Pujiani, Gusti Ayu Dinda Mayagita, I Putu Yogi Astara Putra (Farmasi), I Gede Angga Purnawijaya Arimbawa dan I Made Pegi Kurnia Amerta (Ilmu Komputer).

Dijelaskan Florensia Rahati Pujiani, Tim mahasiswa Unud Bali mengangkat hasil penelitian tentang Drug Disposal dan memberikan solusi inovasi dalam bentuk game. Ia mengatakan penghargaan ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi mereka.

Lebih lanjut Florensia, mengatakan persiapan untuk mengikuti kompetisi di Kuala Lumpur kurang lebih 1,5 bulan. “Persiapan diawali dari pembentukan tim, pengenalan ide, dan diskusi terkait ide serta brainstorming untuk mengemas ide ini semenarik mungkin. Kemudian membuat poster dan game yang menarik dalam mengedukasi masyarakat dunia,” ungkap Florensia.

Drug Disposal Game, kata Florensia, merupakan Casual Game yang bisa dimainkan di mana saja dan kapanpun. Ide pembuatan game ini diperoleh dari Drug Disposal (Sampah Obat) di mana ada kecenderungan masyarakat membuang obat di sembarang tempat.

Pembuangan obat sembarangan dapat menyebabkan keracunan, tingginya tingkat toksisitas di lingkungan, dan pemakaian (reuse) yang tidak benar tanpa tahu kondisi obat. “Melihat dari pokok permasalahan dan urgensi serta kurangnya edukasi yang membuat orang cenderung mudah untuk mengingat, menjadi tantangan yang dijawab melalui game ini,” jelas Florensia.

Menurut Florensia, keunggulan Game ini mampu dimainkan pada skala usia yang lebih luas dikemas dengan prologue yang menarik oleh Apoteker sebagai Keyrole dan Drugs (Sirup, Tablet, dan Capsule). Game ini sangat menarik untuk edukasi bagi anak dan orang awam. “Kini game sudah dapat dimainkan di Google PlayStore dengan keyword Drug It!: Safe Drug Disposal,” tandasnya.

Sementara itu Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih mahasiswa di ajang internasional. Rektor memiliki komitmen memfasilitasi setiap kegiatan mahasiswa untuk berkompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Kami telah memberikan perhatian terhadap prestasi mahasiswa melalui kebijakan pemberian reward bebas UKT (Uang Kuliah Tunggal) selama dua semester untuk mahasiswa berprestasi yang meraih Juara satu tingkat Internasional dan bebas UKT satu semester untuk yang meraih juara satu tingkat nasional,” kata Rektor perempuan pertama di Unud ini.
Selain itu, Rektor berharap pemberian reward ini dapat memotivasi dan menumbuhkan minat mahasiswa lain untuk meningkatkan prestasinya. Syukur bisa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

About The Author

Reply