FMIPA UII Kerjasama dengan Dua SMKN

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) melakukan kerjasama dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri I Panjatan, Kulonprogo dan SMKN II Depok Sleman. Naskah kerjasama ditandatangani Dekan FMIPA UII, Prof Riyanto SPd, MSi, PhD, Dra Suprih (Kepala SMKN I Panjatan) dan Drs Agus Waluyo (Kepala SMKN II Depok) di Kampus UII, Selasa (2/4/2019).

Ketua Jurusan Kimia, Dr Is Fatimah, SSi, MSi mengatakan kerjasama antara perguruan tinggi dan SMK merupakan hal diperlukan di Indonesia. Supaya input perguruan tinggi dan proses belajar bisa sambung.

SMK, kata Is Fatimah, khususnya jurusan Kimia Industri dan Analis Kimia merupakan ujung tombak bagi kegiatan industri. Ahli-ahli kimia banyak dibutuhkan hingga 10 tahun yang akan datang. “Untuk mencetak ahli kimia yang kompeten dibutuhkan fasilitas yang memadahi. Sehingga terjadi link and match,” kata Is Fatimah.

Sedang Dekan FMIPA, Prof Riyanto mengemukakan penandatangan MoU (memorandum of understanding) ini merupakan pembaharuan kerjasama sebelumnya. FMIPA sudah lama menjalin kerjasama dengan SMKN I Panjatan dan SMKN II Depok. “Kita sudah pernah berkunjung ke SMKN I Panjatan dan SMKN II Depok. Siswa-siswa juga mengikuti pelatihan di sini,” kata Riyanto.

Lebih lanjut Riyanto menjelaskan peralatan laboratorium seperti elektro kimi mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga siswa dan guru SMK perlu mendapat pelatihan yang inten agar bisa menguasai teknologi tersebut ketika memasuki dunia kerja.

“FMIPA UII memiliki laboratorium terpadu yang bisa digunakan untuk berlatih bagi siswa dan guru-guru. Kita terbuka, pelatihan bisa dilaksanakan setengah hari, setiap hari Sabtu,” tandas Riyanto.

Riyanto juga menjelaskan rumpun Kimia di FMIPA UII sudah semakin luas. Saat ini ada Program Studi (Prodi) D3 Analisis Kimia, Pendidikan Kimia, dan Kimia. Siswa-siswa SMK dapat memilih salah satu Prodi yang diminati.

Kepala SMKN II Depok, Agus Waluyo mengatakan dirinya merasa senang melakukan kerjasama dengan FMIPA UII. Kerjasama ini akan memberikan keuntungan bagi siswa dan guru-guru di sekolahnya. Saat ini SMKN II Depok memiliki dua jurusan yaitu Kimia Industri dan Analisis Kimia.

Sementara Suprih, Kepala SMKN I Panjatan mengatakan pihaknya sedang melakukan pengembangan sekolah. Adanya kerjasama ini akan membantu pengembangan sekolahnya di masa depan. “Kami senang dengan kerjasama ini. Siswa dan guru bisa belajar dengan peralatan laboratorium sangat memadahi yang di sekolah kami belum ada,” kata Suprih.

About The Author

Reply