Lulusan UWM Harus Pintar Adaptasi dan Kreatif

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc menandaskan wisudawan harus pintar beradaptasi dengan perubahan. Selain itu, wisudawan juga dituntut untuk kreatif dalam menciptakan bisnis.

Prof Edy Suandi Hamid mengemukakan hal itu pada Wisuda Sarjana ke 54 di Yogyakarta, Sabtu (9/3/2019). Wisuda diikuti 339 wisudawan/wisudawati yang berasal dari Program Studi (Prodi) Manajemen, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Ilmu Administrasi Negara, Prodi Sosiologi, Prodi Arsitektur, Prodi Teknik Industri, dan Prodi Teknologi Pangan. Hingga saat ini, UWM Yogyakarta telah memiliki 8.302 alumni.

“Anak-anakku sekalian, beradaptasilah dengan baik atas perubahan yang terjadi. Jika gemar berbisnis, rintislah perusahaan-perusahaan kalian. Saat ini kita melihat bagaimana anak muda kian gemar dalam berbisnis. Beberapa start up (perusahaan rintisan) terbesar di Indonesia atau yang disebut dengan unicorn bahkan didirikan dan dimiliki oleh anak-anak muda. Indonesia masih membutuhkan unicorn-unicorn hasil rintisan anda sekalian,” kata Edy.

Saat ini kita sedang menyaksikan perubahan tren pada berbagai lini kehidupan kita. Anak-anak muda saat ini sudah tidak betah lagi berlama-lama kerja pada satu perusahaan. Sebuah fenomena yang bisa berarti baik atau bahkan buruk. Menjadi baik apabila tren tersebut disebabkan oleh keinginan mereka untuk menjadi seorang wirausaha. Namun menjadi buruk apabila disebabkan oleh ketidaksesuaian kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan dunia kerja.

Saat ini, kata Edy, anak-anak muda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari hal-hal yang sama sekali sebelumnya tidak terpikirkan orang tua. Beberapa di antaranya anak muda sudah menjadi jutawan di usia sangat muda. Padahal mereka hanya mengembangkan hobi bermain game, photography, bersosial media, bahkan yang paling populer saat ini adalah menjadi seorang youtuber.

“Zaman telah berubah, maka manfaatkanlah masa-masa ini. Tahun-tahun ke depan akan menjadi momentum yang tepat bagi kalian semua untuk berkarya,” kata Edy.

Edy mengharapkan untuk mempercepat proses belajar di masyarakat, wisudawan/wisudawati bergabung dengan Keluarga Alumni Universitas Widya Mataram (KAWIMA). Dengan aktif dalam KAWIMA, wisudawan/wisudawati akan terus menjaga tersambungnya tali silahturami antar alumni dan antara alumni dengan UWM. Selain itu, alumnui juga dapat ikut bersama-sama berperan dalam membesarkan UWM.

About The Author

Reply