FMIPA UII dan SMAN 1 Mlati Jalin Kerjasama

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menjalin kerjasama dengan SMAN 1 Mlati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Naskah kerjasama ditandatangani Dekan FMIPA UII, Prof Riyanto SPd, MSi, PhD dan Kepala Sekolah SMAN 1 Mlati, Muhammad Romdoni SPd, MPd di Kampus FMIPA UII, Senin (11/2/2019).

Dijelaskan Riyanto, kerjasama ini meliputi pengabdian masyarakat, penelitian, praktikum, dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) untuk pemahaman ilmu kimia. Selain itu, kerjasama ini juga untuk meningkatkan mutu pendidikan, pelatihan peserta didik menjadi sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan siap kerja.

Lebih lanjut Riyanto menjelaskan FMIPA UII memiliki enam progam studi (Prodi) yaitu Statistik, Kimia, Farmasi, Profesi Apoteker, D3 Analisis Kimia, dan Pendidikan Kimia.

“Masing-masing Prodi memiliki program pengabdian masyarakat. Nah, ajang ini bisa digunakan untuk pelatihan guru-guru SMA. Misalkan kalau ke Statistik nanti pelatihan penggunaan excel, analisis data, cara input data. Kalau ke Kimia bisa menggunakan laboratorium dan pelatihan update pengetahuan kimia terbaru,” kata Riyanto.

Dikatakan Riyanto, SMAN 1 Mlati bisa mengirim siswa-siswa dan guru-gurunya untuk mengikuti pelatihan di FMIPA UII. “FMIPA UII memprioritaskan, setiap kerjasama perlu ada implementasi yang jelas kedepannya,” tandas Riyanto.

Sementara Muhammad Romdoni mengatakan sangat bersyukur dapat bekerjasama dengan FMIPA UII. Kerjasama ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas lulusan serta peningkatkan kemampuan guru-guru di lingkungan SMAN 1 Mlati.

About The Author

Reply