Mahasiswa Widya Mataram Gelar Got Talent di JCM

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Mahasiswa semester satu Program Studi Bisnis Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM) menggelar Got Talent dengan tema ‘Show-up Your Cultural Excellence.’ Selain itu, bekerjasama dengan Koperasi AKU Sejahtera menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jogja City Mal, Sabtu-Ahad (12-13/1/2019).

Got Talent yang diikut sekitar 30 peserta terpilih sebagai juara pertama, Menel dance; juara dua, Jogja Creative Community; juara ketiga, Manug Voice. Sedang pameran produk UMKM terpilih sebagai peraih keuangan terbaik Sekar Arum; displai produk terbaik Seruni Putih; produk terunik, Flamboyan; pengujung terbanyak Adineum.

Dijelaskan Inge Gunawan, dosen Project Bisnis Kewirausahaan UWM, para juara mendapat piala dari GKR Hemas, GKR Mangkubumi, Prof Mahfud MD, dan Rektor UWM. Selain piala, mereka juga mendapat sovenir dan uang pembinaan.

“Event ini melatih mahasiswa untuk berbisnis dengan praktik langsung di lapangan. Mahasiswa melakukan negosiasi dan presentasi mencari sponsor untuk pendanaan, mencari peserta lomba dan juga vendor bazaar serta membangun networking, sambil mengasah communication skill,” kata Inge, Ahad (13/1/2019).

Rektor UMW, Prof Edy Suandi Hamid sedang meninjau produk UMKM yang dipamerkan di JCM, Ahad (13/1/2019). (foto : heri purwata)

Sedang Rektor UWM, Prof Edy Suandi Hamid mengatakan Got Talent dan pameran produk UMKM memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menjadi event organizer (EO). Selama ini, mahasiswa hanya melakukan secara insidental melalui pengabdian masyarakat dan sifatnya sporadis.

Ke depan, kata Edy, kerjasama perlu ditingkatkan dengan asosiasi pedagang kaki lima, dan koperasi supaya bisa melakukan pembinaan secara berkelanjutan. “Misalnya, UMKM Lestari ini bisa kita bantu bagaimana marketingnya, bagaimana packaging-nya, prodak tahan lama. Kita punya Prodi Teknologi Pertanian,” kata Edy kepada jogpaper.net di sela-sela peninjauan pameran produk UMKM di JCM.

Acara ini, jelas Edy, dilaksanakan mahasiswa Prodi Bisnis Kewirausahaan yang berkampus di JCM. Setelah mendapat teori, mereka langsung praktek di sini. “Di sini anak-anak mahasiswa diberikan soft skill untuk melakukan negosiasi, mendesain acara, mencari sponsor,” kata Edy.

Sementara Novi, putri salah satu pengelola UMKM Lestari mengatakan sangat beruntung mendapat kesempatan untuk memamerkan produk di JCM. Sebab jika dilakukan sendiri tentu beayanya sangat mahal. Namun adanya kerjasama antara Kampus UWM, Koperasi Aku Sejahtera, dirinya bisa pameran produk di tempat yang cukup elit.

“Saya senang, bisa mengenalkan produk kita dan lebih dikenal. Sayang, kalau mendapat kesempatan pameran di sini, kok tidak berangkat,” kata Novi kepada jogpaper.net di sela-sela pameran.

About The Author

Reply