UNR Gelar Workshop dan Launcing Buku Samudera Jiwa

KARANGASEM, JOGPAPER.NET — Universitas Ngurah Rai (UNR) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Amlapura Bali menggelar Workshop Penulisan Kreatif dan Launching buku Antologi Cerpen Samudera Jiwa. Workshop dalam bidang pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dilaksanakan di Lapangan Candra Buana Jalan Ngurah Rai Karangasem, Bali, Ahad (23/12/2018).

Workshop diperutukan bagi komunitas yang tergabung dalam Writing Is Special Expression (WISE). Mereka terdiri dari beragam latar belakang seperti mahasiswa, pelajar, pekerja dan ibu rumah tangga. “Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat,” kata Dr Ida Ayu Made Gayatri, SSn, MSi, dosen UNR yang juga nara sumber.

Lebih lanjut Dayu — panggilan akrab Ida Ayu Made Gayatri mengatakan penulisan kreatif merupakan proses pendidikan warga dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Karya kreatif menggunakan Bahasa Indonesia yang baik akan melestarikan bahasa nasional dan menjadi kebanggaan.

Workshop ini, kata Dayu, merupakan hasil evaluasi dari proses produksi buku yang telah dimulai sejak bulan Oktober 2018 lalu. Para penulis bisa berbagi gagasan dan menyiapkan  materi untuk penulisan pada musim kedua.

“Melalui proses kreatif ini membuktikan bahasa menyatukan penulis yang berbeda asal usul dan latar belakang. Tentunya karya ini merupakan bukti pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bisa menjadi petualangan dan eksplorasi gagasan yang menyenangkan,” kata Dayu.

Sementara Mardana Putra, pendiri WISE Community Karangasem mengatakan workshop diikuti 25 dari 41 penulis yang terlibat dalam penulisan Antologi Cerpen Samudera. Menulis merupakan media menyampaikan gagasan dan sebagai wujud kebebasan ekspresi bagi warga.

“Dengan menulis warga dapat mengembangkan potensi, kreativitas dan tidak menutup kemungkinan memberi peluang bagi penulis untuk mengembangkannya sebagai industri kreatif,” kata Mardana Putra.

About The Author

Reply