UII Bina Mahasiswa Menjadi Wirausaha Profesional

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Islam Indonesia (UII) bertekat membina mahasiswa dan alumni benar-benar menjadi wirausaha. Mereka diharapkan bisa menjadi wirausaha yang memiliki kelebihan dalam inovasi bisnis, profesional, serta mampu berkontribusi pada pembangunan ekonomi bangsa.

Demikian diungkapkan Rektor UII, Fathul Wahid ST, MSc, PhD, pada peresmian Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (The Growth Hub) UII di Yogyakarta, Senin (10/12/2018). Direktorat ini bertugas memfasilitasi program pembinaan kewirausahaan di lingkungan UII.

Lebih lanjut Fathul mengatakan The Growth Hub merupakan wujud implementasi hibah Erasmus Plus dan GITA (Growing Indonesia a Triangular Approach) Project. Hibah ini didapat UII dengan konsep Toward Entrepreneurial University. Di antaranya, Graduate Entrepreneurship, Business University Collaboration dan Enterprise Creation.

“The Growth Hub diharapkan agar pembinaan kewirausahaan di lingkungan UII bisa berkelanjutan. UII kembali mendapatkan hibah kewirausahaan dari Kemenristekdikti (Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi, red) senilai Rp 4 miliar,” kata Fathul.

Proyek Erasmus Plus dan Gita, ujar Fathul, telah menghasilkan output The Growth Hub, The Curriculum, dan The Incubator. The Growth Hub merupakan tempat fisik di mana akademisi, mahasiswa, lulusan start-ups dan perusahaan berbagi ide bersama. The Curriculum adalah kewirausahaan masuk kurikulum mata kuliah yang berisi program pengembangan kesempatan pembelajaran inovatif. Sedang incubator memungkinkan mahasiswa, tim mahasiswa dan stakeholders untuk mengembangkan jaringan di lingkungan yang aman.

Sedang Dr Ir Arif Wismadi MSc, Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh mengatakan Direktorat yang dipimpinnya telah menjalin jejaring nasional dan internasional. Jejaring nasional dengan TRIZ yang dipimpin Dr Risdy, sedang jejaring internasional dengan MyTRIZ (Asosiasi Inovasi Malaysia).

Dalam peresmian Kantor Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh ini juga diikuti expo hasil wirausaha mahasiswa UII. Bahkan salah satu peserta expo, Tim 109 yang merupakan pemenang Grand Prize pada Conference and Competition PESTATRIZ 2018, di Malaysia, Jumat (30/11/2018). Tim109 dari UII terdiri Dr Paryana, Rahmat Riza, dan Arif Wismadi.

“Tim dan inovasi tersebut merupakan sinergi dari dua disiplin spesifik yang berbeda, industri perhiasan (Fakultas Teknologi Industri) dan industri konstruksi (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan),” katanya.

About The Author

Reply