Prodi Statistika UII dan Unair Kerjasama Tingkatkan Mutu

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi (Prodi) Statistika, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berencana menjalin kerjasama untuk meningkatkan mutu lulusan. Rencana tersebut muncul saat rombongan Prodi Statistika Unair yang dipimpin Drs Eko Cahyono MSi melakukan kunjungan ke UII, Jumat (7/12/2018).

Dijelaskan Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII, Prof Riyanto PhD, saat ini banyak muncul ilmu statistik di antaranya ada big data, data mining, dan lain-lain. Karena itu, kerjasama UII dan Unair ditujukan untuk peningkatan mutu lulusan.

“Kunjungan ini terbalik. Seharusnya Prodi Statistika UII yang berkunjung ke Unair Surabaya. Karena UII perguruan tinggi swasta (PTS), sedangkan Prodi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi Unair merupakan perguruan tinggi negeri (PTN),” kata Riyanto.

Bila dilihat sejarah berdirinya, lanjut Riyanto, Prodi Statistika UII berdiri tahun 1995. Sedangkan Prodi Statistika Unair Surabaya baru berdiri tahun 2011 dan perkembangannya dibimbing Prof Akhmad Fauzy, SSi, MSi, PhD dari Prodi Statistika UII.

Ilmu Statistika, jelas Riyanto, saat ini banyak diminati calon mahasiswa. Menyusul banyak penggunaan data dari internet sehingga ahli statistik sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Hal ini yang membuat minat calon mahasiswa masuk Prodi Statistika semakin meningkat.

“Tahun ajaran 2018/2019, ada 135 mahasiswa dari Prodi Statistika. Sebetulnya, kita membatasi 120 mahasiswa, namun karena banyak peminat sehingga ditambah,” kata Riyanto.

Sedang Ketua Jurusan Statistika, Dr Edy Widodo mengatakan Prodi Statistika UII memiliki visi yaitu terkemuka dalam menghasilkan Analis Data yang berintegritas dan antusias serta memajukan masyarakat. Sedang tujuannya, menghasilkan Analisis Data yang menguasai teori dan metodologi. Analis Data bersiap menjadi analisis kebijakan, analis kebencanaan, saintis data atau aktuaris. “Prodi Statistik UII memiliki motto Gengam Data Kuasai Dunia,” tandas Edy Widodo.

Dosen Prodi Statistik UII, Dr Raden Bagus Fajriya Hakim mengatakan banyak Data Scientist di berbagai perusahaan Indonesia berasal dari Singapura, India dan lain-lain. Karena itu, peningkatan mutu calon Data Scientist perlu ditingkatkan agar lulusan Prodi Statistik Indonesia tidak kalah dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri.

“Pengembangan kurikulum Prodi Statistik mutlak dilakukan. Sebab ini tidak hanya menyangkut kampus, mahasiswa, dan dosen. Tetapi menyangkut pengembangan masarakat secara keseluruhan,” kata Fajriya.

Sementara Eko Cahyono mengungkapkan Prodi Statistik Unair Surabaya mendapatkan bimbingan dari Prof Ahmad Fauzy. Kini Prodi Statistika Unair Surabaya sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) A. “Diharapkan kunjungan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas akademik kedua Prodi Statistika Unair dan UII,” kata Eko.

About The Author

Reply