Lembaga Pers Mahasiswa UAJY Gelar Workshop Jurnalistik

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Tiga lembaga pers mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar workshop jurnalistik di Ruang 431 Fakultas Ekonomi, Gedung Bonaventura, Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018). Ketiga lembaga pers mahasiswa adalah Seutas (Fakultas Ekonomi), Das Sein (Fakultas Hukum), dan Image (Fakultas Teknologi Industri).

Ketua Panitia Workshop, Kevin, mahasiswa Program Studi Teknik Industri mengatakan workshop ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi mahasiswa UAJY. Workshop jurnalistik ini mengangkat tema ‘Get to Know Journalistic.’

“Kerja sama tiga lembaga pers mahasiswa dalam workshop ini karena kita memiliki masalah yang sama, tujuan yang sama, serta untuk membentuk kekeluargaan antar sesama pers mahasiswa di UAJY,” kata Kevin.

Wakil Rektor III UAJY, R. Sigit Widiarto, S.H., LL.M, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan lembaga pers mahasiswa. Ia mengatakan pers mahasiswa sesuai dengan sejarahnya itu tetap harus mempertahankan ideologi pemikiran-pemikiran kritis. “Saya memimpikan pers mahasiwa tidak hanya melakukan penerbitan, tetapi juga membuat pusaran-pusaran diskusi di kalangan mahasiswa,” kata Sigit.

Sementara Olivia Lewi, pembicara workshop, memulai kegiatan dengan mengajak peserta dan panitia untuk berdiri untuk menyanyikan jingle Atma Jogja serta lagu Meraih Bintang dari Via Vallen. Lewi menyusun materi workshop dengan memadatkan materi dari perkuliahan satu semester dengan mengambil dasar penting dari dunia jurnalistik serta produksi berita. Lewi memunculkan kata kunci ‘Fakta’ dalam bahasannya selama menyampaikan materi workshop. “Jurnalis itu mencari fakta,” tegas Lewi.

Penulis : Maria Novitasari

About The Author

Reply