Empat Robot FTI UII Tampil di KRI 2018

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Empat robot karya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) Yogyakarta akan tampil pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional 3 di Universitas PGRI Semarang, Senin-Rabu (16-18/4/2018). Tim Unisi Robotics 2018 yang terdiri dari 18 mahasiswa dilepas Wakil Rektor III, Ir. Agus Taufiq, MSc di Hall FTI UII, dan didampingi Dekan FTI, Dr Imam Djati Widodo, Jumat (13/4/2018).

Dijelaskan dosen pembimbing Izzati Muhimmah, Ph.D, keempat robot FTI UII adalah Pejuang Hijrah, Unisi Arsilia, Admiral Unisi, dan Artisilia. Robot Pejuang Hijrah akan tampil pada katagori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Robot Unisi Arsilia pada katagori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki; Robot Admiral Unisi pada katagori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; dan Artisilia tampil pada katagori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

“Empat robot yang akan tampil di KRI 2018 di Universitas PGRI Semarang ini merupakan karya multi disiplin ilmu dari seluruh jurusan yang ada di FTI. Manajernya dari Teknik Industri,” kata Izzati Muhimmah.

Tim Unisi Robotics 2018 foto bersama Wakil Rektor III, Dekan FTI Imam Djati Widodo, dan dosen pembimbing di Hall FTI UII, Jumat (13/4/2018). (foto : heri purwata)

Lebih lanjut Izzati mengatakan Tim Robotics Unisi 2018 ini akan bersaing dengan perguruan tinggi yang masuk dalam Regional 3 yang meliputi area Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan. Sedang Regional 1 adalah wilayah Sumatera; Regional 2, wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi. Sedang Regional 4 meliputi wilayah Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Pemrakarsa KRI adalah Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Tingkat Nasional di Surabaya.

Juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Juara pertama KRSBI Humanoid Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2019. Untuk KRSTI dan KRSBI Beroda belum diatur afiliasinya.

Sementara Wakil Rektor III, Agus Taufiq mengatakan agar mahasiswa mau belajar dari kelemahan-kelemahan dari kontes robot sebelumnya. Selain itu, Agus juga mengharapkan agar kekompakan tim harus dijaga. Sebab kekompakan tim merupakan salah satu kesuksesan. “Peran mahasiswa sangat bermanfaat bagi Prodi, fakultas dan universitas,” tandas Agus.






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *