UP 45 Berbagi Tips Pergaulan Remaja Sehat

WONOSARI, JOGPAPER.NET — Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berbagi tips pergaluan remaja yang sehat dengan siswa SMK N 1 Purwosari Kabupaten Gunungkidul. Acara berbagi tips ini diikuti seluruh siswa ini dilaksanakan di Aula SMKN 1 Purwosari Gunungkidul, Senin (9/4/2018).

Dijelaskan Wahyu Widiantoro, Dosen Pembimbing Fakultas Psikologi UP 45, remaja merupakan fase transisi dari fase anak-anak menuju fase dewasa awal. Karena itu, dibutuhkan perhatian serta pendampingan agar remaja mampu melakukan pergaulan yang sehat.

“Praktik pembimbingan kepada siswa di SMA yang dikemas dalam acara ‘Psikologi Berbagi’ diharapkan mampu memberi manfaat kepada mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Terutama untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan benar serta sebagai media berbagi ilmu kepada masyarakat,” kata Wahyu Widiantoro.

Pada umumnya, kata Wahyu, remaja mengalami berbagai kesulitan dan masalah dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan pergaulannya. Remaja diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan biologis, kognitif dan sosial emosional yang terjadi pada masa puber sehingga remaja mencapai kepuasan terhadap diri dan menjalankan pergaulan yang sehat.

Acara ‘Psikologi Berbagi’ ini mendapat sambutan dari siswa. Hal ini terlihat antusiasme siswa yang banyak mengajukan pertayaan. Di antara pertanyaannya, dari Ema. Dirinya telah berpacaran dengan teman satu sekolah. Apakah hal tersebut sehat? Sedang Fitri mengungkapkan dirinya merasa kurang percaya diri ketika berbicara di depan umum.

Kepala Sekolah SMKN 1 Purwosari, H Ruslan, SPd, MMPd, mengungkapkan apresiasinya kehadiran mahasiswa Psikologi UP 45 Yogyakarta di sekolahnya. “Kami berterima kasih atas kehadiran Fakultas Psikologi UP45 di sekolah kami. Semoga acara psikologi seperti ini bukan hanya sekali dan yang terakhir kali. Kami berharap kerja sama SMK N 1 Purwosari dengan Fakultas Psikologi UP45 dapat trus berlanjut,” kata Ruslan.

About The Author

Reply