FH UNR Tandatangani MoU dengan Penerbit Buku

DENPASAR, JOGPAPER.NET — Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai (FH UNR) Denpasar Bali menandatangan momorandum of understanding (MoU) dengan penerbit buku, PT Raja Grafindo Persada (RGP) di Kampus UNR, Senin (26/3/2018). Penandatanganan MoU dilakukan Dekan Fakultas Hukum, I WP Arcana, SE, SH, M.Hum dan Direktris PT RGP, Hajjah Magdalena.

Penandatanganan disaksikan Rektor UNR, Dr. I Nyoman Sura Adi Tanaya dan mantan bupati Buleleng yang juga pembina Yayasan Jagadhita Denpasar, Wirata Sindoe. “Tujuan kerjasama ini untuk meningkatkan penerbitan buku,” kata Dekan FH UNR, I WP Arcana.

Selain penandatanganan MoU, juga digelar workshop ‘Menerbitkan Buku Teks dan Buku Ajar Perguruan Tinggi Skala Nasional.’ Penandatanganan MoU dan workshop ini dihadiri 33 pejabat struktural Universitas Ngurah Rai (UNR). “Tujuan workshop untuk meningkatkan penelitian dan pengajaran. Dapat memperoleh referensi buku – buku yang bermutu. Selain itu kerjasama dengan penerbit harapannya dapat meningkatkan kredibilitas Fakultas Hukum,” tandas Arcana.

Sedang Direktris PT Raja Grafindo Persada (RGP), Hajjah Magdalena menjelaskan selama 38 tahun perusahaannya memfokuskan pada buku teks dan lebih dikenal dengan Rajawali press. “Kami menawarkan print on demand, agar membantu para dosen mencetak buku sesuai kebutuhan. Ini yang menarik karena akan membantu dosen sehingga bisa memiliki nilai tambah bagi perguruan tinggi,” kata Hajjah Magdalena.

Nara sumber workshop Kepala Perwakilan PT RGP Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Nur Arianto. Pria kelahiran Demak ini menjelaskan setiap orang potensi menjadi tokoh nasional melalui pemikiran yang diabadikan melalui buku. Selain itu PT RGP juga memberikan royalti sebagai pasive income tentu menguntungkan penulis.

Nur Arianto mengatakan kiat sukses penerbitan di antaranya membuat naskah prioritas berupa naskah dasar atau pengantar untuk mahasiswa di tingkat dasar. “Sinopsis yang menarik adalah kata kunci naskah, sasaran pembaca mesti menjadi pertimbangan bagi penulis dan bukan hasil plagiarisme. Tim editor dapat membantu dosen untuk mencetak naskah teks dan bahan ajar,” kata Nur Arianto.

Sementara Rektor UNR, I Nyoman Sura Adi Tanaya mendukung kerjasama Fakultas Hukum dengan penerbit. “Saya berharap penerbit dan editor dapat bersinergi serta memberi motivasi bagi dosen. Kendala harga cetak agar dipertimbangkan sehingga terjangkau bagi dosen. Namun kerjasama ini juga bisa saling menguntungkan,” kata I Nyoman Sura Adi.






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *