Mahasiswa Unismuh Gelar Perkampungan Tanfidz

MAKASSAR — Mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar perkampungan tanfidz dan Bahasa Arab di Desa Pattalassang. Kegiatan yang berlangsung selama 10 hari (Sabtu-Ahad 13-31/12/2017) ini diikuti 40 santri dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh, Drs. Mawardi Pewangi, mengatakan kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan Alquran dan Bahasa Arab. Ia mengharapkan kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan kualitas anak didik. Sehingga kemampuan tersebut bisa menjadi bekal dalam menghadapi zaman now.

“Program ini didukung penuh oleh kampus dan pimpinan Muhammadiyah Sulsel. Program ini sangat mendukung dalam penguasaan Alquran, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris,” kata Mawardi saat membuka kegiatan ini Sabtu (23/12/2017).

Sedang Husni Yunus, penanggung jawab acara mengatakan program ini dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah Sulsel. Selain itu, Unismuh juga memberikan perhatian terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pembinaan ekonomi ummat mulai dari pengelolaan lahan, pendampingan, pemupukan, petik olah jual, hingga kemasan dan pemasaran dengan pendekatan budaya lokal,” kata Yunus.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Direktur Pondok Pesantren Khairul Ummah, Hasanuddin Arasy, SAg, MPdI mengundang empat pakar pemberdayaan dan kewirausahaan. Keempat pakar tersebut adalah Drs Mutakallim MPd; Drs Husni Yunus, MPdI; Dr Abd Aziz Muslimin MPdI, MPd; dan Hurriah Ali Hasan ST, ME, PhD.

Hasanuddin Arasy mengharapkan program ini dapat menjadi kekuatan dalam kemandirian ekonomi pesantren. Terutama pada bidang pertanian, perikanan darat, peternakan, dan industri rumahan.

Bahkan pondok pesantren Khairul Ummah sudah dikembangkan sebagai produksi abon ikan, abon ayam, serta hasil keterampilan pesantren. Sehingga kemandirian dalam pengembangan kewirausahaan dapat menjadi ikon pertumbuhan ekonomi pesantren.

Kepala Desa Pattalassang, memberi sambutan. Bertempat di Kampus Pesantren, Ahad, (24/12/2017).

Sementara Kepala Desa Pattalassang, Subhan MSi mengharapkan Fakultas Agama Islam Unismuh secara kontinyu memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap warganya. Sehingga pemberdayaan ekonomi bisa dirasakan seluruh warga Desa Pattalassang.






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *