Fakultas Biologi Sosialisasikan Hasil Riset Lewat Poster

Pengunjung pameran postermendapat penjelasan dari peneliti di Fakultas Biologi UGM, Senin (14/11/2016). (foto : istimewa)

Pengunjung pameran postermendapat penjelasan dari peneliti di Fakultas Biologi UGM, Senin (14/11/2016). (foto : istimewa)

SELAMA ini hasil riset di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta hanya dipresentasikan secara oral di hadapan reviewer dan dosen di lingkup yang terbatas. Dekan Dr Budi S Daryono membuat terobosan hasil penelitian di presentasikan melalui poster yang dipamerkan di fakultasnya.

“Biasanya hasil riset hanya dipresentasikan secara oral di hadapan reviewer dan dosen di lingkup yang terbatas. Namun, dengan kegiatan ini seluruh civitas akademika Biologi UGM dapat mengetahui hasilnya dalam bentuk poster yang mudah dipahami dan dimengerti,” kata Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr Budi S Daryono di sela-sela pameran poster Hibah Penelitian Biodiversitas Tropika Dosen 2016, Senin (14/11/2016).

Dijelaskan Budi, pameran poster ini telah dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Pameran ini ditujukan untuk memperkenalkan berbagai riset yang dilakukan dan produk yang dihasilkan kepada seluruh warga Biologi UGM. “Juga sebagai wujud pengembangan materi pembelajaran di Fakultas Biologi UGM,” kata Budi.

Pameran poster ini mendapatkan apresiasi positif dari warga Biologi UGM. Salah satunya, Dr rer nat Andhika Puspito Nugroho yang mempresentasikan hasil penelitiannya pada kesempatan ini. Menurutnya melalui format presentasi poster ini hasil penelitian yang dilakukan para peneliti bisa diakses lebih banyak pihak, termasuk mahasiswa. “Ini bisa menginspirasi dan memotivasi lebih banyak orang untuk melakukan kegiatan penelitian,” kata Andhika.

Sedang Syaeful, salah satu mahasiswa Fakultas Biologi UGM mengatakan dirinya bisa memperoleh banyak informasi penelitian pada pameran ini. “Kegiatan ini sangat informatif. Saya jadi mengetahui berbagai penelitian yang dilakukan para dosen dan sangat menginspirasi,” kata Syaeful.

Presentasi Poster Hibah Penelitian Biodiversitas Tropika Dosen 2016 menampilkan 50 hasil penelitian dalam ranah biodiversitas tropika. Beberapa di antaranya, pemuliaan tanaman anggrek, pemuliaan padi, pengembangan edible film dari tembakau dan jambu biji serta masih banyak lainnya.

Fakultas Biologi UGM, lanjut Budi, terus berupaya meningkatkan penelitian dalam bidang biodiversitas tropika. Salah satunya melalui kegiatan penelitian menggunakan dana hibah non-kompetitif Fakultas Biologi UGM. “Tahun ini terdapat 50 penelitian yang berhasil lolos mendapatkan dana hibah non-kompetitif penelitian biodiversitas tropika dosen,” kata Budi.

Budi menyebutkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penelitian di Fakultas Biologi UGM setiap tahunnya. Termasuk penelitian yang menggunakan skema dana hibah non-kompetitif fakultas. Pada tahun 2014 lalu penerima dana hibah sebanyak 45 orang, kini tahun 2016 menjadi 50 orang.

Penulis : Heri Purwata

 

 






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *