UII Luncurkan Aransemen Baru Hymne dan Mars

hymne-dan-marsr

Rektor UII Yogyakarta, Dr Ir Harsoyo MSc saat meluncurkan aransemen baru hymne dan mars UII, Kamis (10/11/2016). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA — Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta meluncurkan hymne dan mars aransemen baru. Peluncuran dikemas dalam Konser Alam Semesta di Gedung Olahraga Ki Bagoes Hadikoesoemo Kampus Terpadu UII, Kamis (10/11/2016).

Dijelaskan Rektor UII Yogyakarta, Dr Ir Harsoyo MSc, lirik mars UII yang dikarang Nortier Simanungkalit dan hymne yang ditulis Suhadi mengandung makna yang dalam. Di dalamnya tergambar semangat untuk menjunjung cita-cita luhur dan komitmen civitas akademika.

Hal ini, lanjut Harsoyo, sejalan dengan semangat para pendiri UII yang mencita-citakan menjadi universitas rahmatan lil alamin. Institusi pendidikan yang konsisten menebar kemanfaatan dan mendorong pembangunan bangsa melalui berbagai macam bidang keilmuan dan berbagai macam bentuk pengabdian.

Namun sejak dikumandangkan sekitar tahun 1977 lalu, hymne dan mars UII belum pernah dilakukan pembaruan aransemen. Kini bertepatan dengan Hari Pahlawan, UII meluncurkan album aransemen baru hymne dan mars UII. Selain hyme dan mars UII, album tersebut juga berisi 16 lagu pilihan.

“Aransemen ulang hymne dan mars UII ini menghasilkan beberapa aransemen dengan berbagai macam nuansa musik yang kaya nada. Saya berharap kita sebagai civitas akademika UII dapat membumikan nilai-nilai kemanusiaan universal yang diamanatkan oleh pendiri UII sebagaimana terkandung dalam lirik hymne dan mars UII,” kata Harsoyo.

Lebih lanjut Harsoyo mengatakan peluncuran aransemen baru hymne dan mars UII sengaja dipilih pada Hari Pahlawan. Hal ini bertujuan untuk menghormati, mengenang, dan meresapi keteladanan pahlawan Indonesia.

“UII dibangun oleh para pendiri dan tokoh yang juga pahlawan bangsa seperti Ki Bagoes Hadikoesoemo, Mohammad Natsir, Mohammad Hatta, dan KH Wahid Hasyim. Semoga kita dapat meneladani pengabdian dan dedikasi mereka dalam membangun negeri ini,” tandasnya.

Penulis : Heri Purwata






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *