Fakultas Biologi Dituntut Banyak Hasilkan Penelitian

YOGYAKARTA — Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dituntut untuk bisa menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Menyusul peresmian Gedung Sinar Mas Fakultas Biologi UGM oleh Rektor Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc PhD dan Managing Director Sinar Mas, G Sulistiyanto, Sabtu (8/10/2016).

Demikian diungkapkan G Sulistiyanto dalam sambutan pembukaan gedung baru. Ia mengatakan Fakultas Biologi merupakan salah satu fakultas yang fokus untuk memikirkan masa depan. Untuk itu Sulistiyanto berharap pihak perguruan tinggi yang bermitra dengan dunia usaha dapat meningkatkan hasil-hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. “Pengembangan biodiversitas diharapkan akan banyak dihasilkan dari sini,” kata Sulistiyanto.

Sedang Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Prof Pratikno, mengatakan tersedianya gedung baru harus bisa menghasilkan lebih banyak penelitian dari kampus yang bermanfaat untuk masyarakat. “Masalah obat misalnya, seharusnya bisa jauh lebih murah bila banyak penelitian yang memang bisa bersinergi dengan kebutuhan masyarakat banyak,” kata Pratikno yang juga Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) ini.

Lebih lanjut Pratikno, mengatakan kesehatan harus mendapatkan perhatian lebih karena sangat dibutuhkan masyarakat. Demikian pula dengan biaya pengobatan di Indonesia yang dinilai masih sangat tinggi. “Nantinya UGM akan semakin banyak bersinergi dengan berbagai pihak,” harap Pratikno.

Gedung Sinar Mas ini memiliki luas lebih dari 5.800 meter persegi. Terdiri atas lima lantai dan di antaranya berisikan tiga ruang kelas, laboratorium sistematika tumbuhan, laboratorium fisiologi tumbuhan, laboratorium mikroteknik tumbuhan, laboratorium taksonomi tumbuhan, laboratorium biologi umum, teaching laboratorium, perpustakaan dan ruang monitoring.

Peletakan batu pertama dilakukan pada 13 Juni 2015 silam. Gedung Sinar Mas di Fakultas Biologi UGM ini merupakan gedung ramah lingkungan yang pertama di Yogyakarta.

Rektor UGM, Prof Dwikorita Karnawati mengungkapkan rasa syukur atas selesainya pembangunan gedung baru tersebut. Ia berharap berbagai lompatan akan muncul, khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dari Fakultas Biologi.  “Dengan kerja sama berbagai pihak ini UGM akan terus melompat dan maju meskipun dengan banyak risiko, seperti terbatasnya anggaran,” kata Dwikorita.

Penulis : Heri Purwata

About The Author

Reply