Magister Kimia UII Tingkatkan Akreditasi Nasional dan Internasional

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi Magister Kimia (PSMK), Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) tingkatkan akreditasi nasional dari BAN-PT dan berupaya meraih akreditasi internasonal dari ASIIN. Peningkatan akreditasi dan upaya meraih akreditasi internasional ini dilaksanakan dengan Program Hibah Kompetisi Prioritas (PHK-Prioritas) yang disediakan UII melalui hibah kompetisi antar program studi se-UII.

Demikian diungkapkan Ketua Program Studi Magister Kimia, Drs Allwar, MSc, PhD di Kampus FMIPA UII, Jumat (11/6/2021). “Alhamdulillah pada tanggal 2 dan 3 Juni 2021 PSMK telah diasesmen lapangan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Komitmen untuk meningkatkan peringkat akreditasi PSMK FMIPA UII terus dilaksanakan. Insyaallah mendapat akreditasi yang terbaik dari BAN-PT,” kata Allwar.

Dijelaskan Allwar, upaya meningkatkan akreditasi nasional telah dilaksanakan melalui program PHK-Prioritas pada Sabtu (29/5/2021) dan Sabtu (12/6/2021). Nama programnya, pertama, pengembangan penelitian dan pembelajaran kolaboratif internasional. Aktivitasnya dengan pengembangan penelitian melalui webinar dan coaching clinic.

Kedua, nama programnya, peningkatan perolehan akreditas nasional. Aktivitasnya, webinar peningkatan animo masyarakat internasional terhadap Program Studi Magister Kimia. Percepatan lulusan melalui pelatihan Bahasa Inggris dan kemampuan akademik mahasiswa Program Studi Magister Kimia.

Sabtu (12/6/2021), PSMK FMIPA UII menggelar Online Lectures dengan tema Manuscript Revision ‘Supervising and Reviewing the Manuscript.’ Pembicaranya, Prof Ruey-An Doong, Chair Professor in Institute of Analytical and Environment Sciences, National Tsing Hua University (NTHU) Taiwan. Sedang selaku host Prof Dr Is Fatimah MSi, Ketua Jurusan FMIPA UII.

Sedangkan Akreditasi Internasional diusulkan berasal dari ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) Jerman. “Visitasi akan dilaksanakan 28 Juni – 1 Juli 2021 melalui virtual,” kata Allwar.

PSMK, jelas Allwar, berdiri tahun 2018 dan menjadi salah satu program studi (Prodi) di bawah Jurusan Kimia, FMIPA UII. Pendidikan di PSMK dirancang untuk mempersiapkan lulusan Magister Kimia yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang baik. Sehingga keimanan dan ketaqwaan bisa menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian yang strategis dalam menghadapi era industri 4.0.

“Terutama dalam mempersiapkan akreditasi dari BAN-PT maupun sertifikasi atau akreditasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas PSMK FMIPA UII,” kata Allwar.

Program Hibah PHK-Prioritas memiliki beberapa tujuan. Di antaranya, pertama, meningkatkan wawasan, kapasitas keilmuan serta tingkat penguasaan kedalaman dan keluasan materi mahasiswa melalui kegiatan kuliah umum tematik dan perkuliahan kolaboratif. Kedua, meningkatkan wawasan, kapasitas keilmuan serta tingkat penguasaan kedalaman dan keluasan materi mahasiswa melalui kegiatan perkuliahan kolaboratif secara online dengan dosen asing.

Ketiga, meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang keilmuan dan keluasan bidang ilmu kimia sehingga akan berdampak pada minat masyarakat internasional dalam melanjutkan pendidikan ke program magister, khususnya, PSMK FMIPA UII. Keempat, meningkatkan skor CEPT/TOEFL dan TPA mahasiswa sebagai syarat wajib lulus. Sehingga mahasiswa dapat memenuhi skor minimal lulus PSMK FMIPA UII.

About The Author

Reply