Lembaga Kemahasiswaan UWM Harus Visioner dan Berkualitas

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEc menandaskan lembaga kemahasiswaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UWM harus visioner dan berkualitas. Sebab salah satu tujuan pembentukan BEM adalah menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang memiliki hardskill dan softskil.

Edy Suandi Hamid mengemukakan hal tersebut saat menjadi keynote speaker pada Kongres BEM UWM di Gedung Soekarno-Nehru Kampus UWM Yogyakarta, Senin (24/5/2021). Kongres mengangkat tema ‘Merajut Produktivitas untuk Lembaga Kemahasiswaan UWM yang Visioner dan Berkualitas.’ Narasumber yang dihadirkan yakni Dr Kelik Endro Suryono, SH, MHum, Dekan Fakultas Hukum UWM; Dr AS Martadani Noor, MA, Dekan Fisipol UWM; Prof Dr Ir Ambar Rukmini, MP, Dekan Fakultas Saintek UWM; dan Drs Supriyanta, MM, Dekan Fakultas Ekonomi UWM.

Lebih lanjut Edy Suandi Hamid mengharapkan Kongres BEM UWM dapat menghasilkan Ketua BEM dan aktivis yang amanah, serta bukan sekedar hanya pajang nama. Selain itu juga harus memiliki sikap kepemimpinan, pandangan yang visioner dan berkualitas, serta dapat melakukan koordinasi dengan kegiatan mahasiswa dan delapan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Sebagai organisasi kampus, BEM harus mampu berkontribusi dalam memajukan kampus, kritis terhadap permasalahan bangsa, dan mampu memberikan alternatif solusi,” kata Edy Suandi Hamid.

Edy mengharapkan agar mahasiswa UWM menjadi mahasiswa cerdas yang tetap rendah hati, ramah dan tidak sombong, menghormati sesama apalagi yang lebih tua, serta peduli pada lingkungan sekitar. “Jadilah pioneer untuk kebaikan di lingkungan UWM, pahami sejarah dan paham filosofi kewidyamataraman, wujudkan kampus berbasis budaya yang beretika, bermoral, dan bermartabat. Ditangan Anda lah kampus ini akan memiliki warna dan karakternya,” tandas Edy.

Sedang Puji Qomariyah, SSos, MSi, Wakil Rektor III UWM membacakan pencabutan Surat Keputusan Pengurus BEM UWM periode 2019-2020. Selanjutnya akan digantikan dengan SK yang baru setelah BEM UWM melakukan kongres dan restrukturisasi

“Mahasiswa adalah kaum yang cerdas, kritis, dan melakukan segala sesuatu dengan baik. Dengan kongres ini semoga dapat menghasilkan pemimpin yang visioner dan berkualitas serta produktif,” ujar Puji.

Sementara Kelik Endro Suryono mengharapkan peran mahasiswa agar BEM UWM dapat menjadi visioner dan lebih baik. Mahasiswa memiliki peran yang strategis baik bagi diri sendiri dan lingkungan masyarakat serta sebagai Guardian of Value bagi masyarakat.

Narasumber lainnya, Ambar Rukmini menjelaskan inovasi yang terjadi pada era saat ini menunjukkan suatu lompatan yang besar. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu beradaptasi dan berperan maksimal di tengah derasnya dinamika sosial yang berkembang.

Supriyanta menyampaikan mahasiswa harus mempunyai akhlak dan integritas yang perlu dipertahankan agar mahasiswa UWM memiliki karakter yang baik. Di samping itu, AS Martadani menuturkan kemampuan koordinasi dengan membaca buku harus diasah untuk mendorong kapasitas berpikir bagi mahasiswa.

About The Author

Reply