Mapala Unisi Bantu Korban Banjir di Subang

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Islam Indonesia (Mapala Unisi) membantu korban banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tim Mapala Unisi yang beraktivitas Kamis-Kamis (11-18/2/2021) membantu evakuasi warga ke Posko pengungsian dan mendistribusikan obat-obatan, sabun mandi dan cuci, pembersih lantai dan makanan ringan.

Demikian diungkapkan Dion Sujarwo alias Bapuk (10.2024) kepada wartawan di Yogyakarta, Sabtu (20/2/2021). Anggota Tim Mapala Unisi yang terjun ke Subang terdiri Abdu Chairuroziqin alias Hopal, 18.2331; Ahmad Ramadhani alias Malika, 19.2379: Dwi Jan Luxfiyati alias Jogang, 18.2345; Imam Noor alias Keles, 14.2212; Rio Himawan alias Suminto, 14.2232; Dion Sujarwo alias Bapuk, 10.2024; dan Abdullah Angga alias Wals, 11.2071.

Mereka menyasar Dusun Langgensari, Desa Anggasari; Desa Mulyasari; Dusun Bojong Curung, Desa Ranca hilir, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berdasarkan hasil assesment warga di beberapa titik tersebut masih terendam banjir setinggi 75 cm atau sepaha orang dewasa.

“Lokasi desa yang lebih rendah dari bantaran sungai sehingga akses keluar masuk ke desa menjadi sulit. Tim bergerak membantu evakuasi warga yang terjebak dengan menggunakan kendaraan off road agar dapat menembus banjir dan memindahkan mereka ke Posko pengungsian mandiri yang dibangun warga secara swadaya,” kata Bapuk.

Lebih lanjut Bapuk mengatakan bantuan obat-obatan berupa obat diare, salep gatal, paracetamol, bedak salicyl, obat gosok, vicks vaporub. Bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada 525 kepala keluarga (KK) di tiga dusun. “Warga lanjut usia yang memiliki kebutuhan khusus diberikan bantuan berupa popok dewasa. Bantuan popok juga diberikan kepada balita yang membutuhkan,” kata Bapuk.

Sumber dana untuk pengadaan bantuan, jelas Bapuk, berasal dari Rektorat UII. Selain itu, juga mendapat dukungan Iman Nurhaeman, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Alumni (DPW IKA UII) Jawa Barat.

Iman Nurhaeman mengatakan kegiatan sosial Mapala Unisi di Subang berjalan dengan lancar berkat dukungan Kampus UII dan Alumni UII. Program sosial DPW IKA UII Jabar ini masih dibuka. Iman mengucapkan terima kasih kepada Rektor UII, Fathul Wahid dan Wakil Rektor UII, Rohidin yang secara langsung mendukung dan memantau perkembangan bencana banjir di Pantura ini.

Selain itu, Iman mengucapan banyak terima kasih kepada Mapala Unisi dan koordinator lapangan yang telah merespon sangat positif dan selalu sigap dalam membantu masyarakat Pamanukan dan sekitarnya. Keberadaan Mapala Unisi sebagai garda terdepan dalam membantu bencana di seluruh Indonesia memberikan nilai manfaat dan nilai kemanusian yang sangat bernilai bagi seluruh masyarakat

“Untuk donatur yang akan memberikan sumbangan dapat mengirimkan bantuan melalui rekening Bank Mandiri No Rek :1320021544185 a/n Ahmad Syahroni selaku Bendahara IKA UII DPW Jabar atau dapat menghubungi penanggung jawab kegiatan Iman Nurhaeman melalui nomor 0811204162,” kata Iman.

About The Author

Reply