UGM, Peringkat Ketiga Kampus Terhijau di Indonesia

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Survei Greenmetric Universias Indonesia (UI) menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada urutan ketiga kampus terhijau di Indonesia. Dalam pengumuman Senin (7/12/2020), peringkat pertama diduduki Universitas Indonesia Jakarta dan kedua, Universitas Diponegoro Semarang.

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, MEng, DEng., mengatakan anugerah yang diterima UGM sebagai salah satu kampus terhijau ini sebagai bentuk apresiasi pihak luar. Selama ini, UGM berkomitmen mendorong program pendidikan dan riset yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan serta pengelolaan lingkungan kampus agar tetap hijau dan asri.

“Kami terus berkomitmen mengajarkan ke generasi penerus untuk merawat bumi ini dengan sebaik-baiknya” kata Panut Mulyono.

Panut menambahkan dalam pendidikan dan pengajaran, mahasiswa juga diajarkan soal pengembangan energi terbarukan, konsep ekonomi hijau hingga pelestarian lingkungan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan.

Menristek RI, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan pemeringkatan kampus dari aspek lingkungan ini akan lebih banyak mendorong kampus mendukung kerja sama Kampus dengan pihak industri, dan pemerintah dalam mengembangkan program pembangunan secara berkelanjutan. “Dari pemeringkatan ini kita ingin mendorong banyak perguruan tinggi di Indonesia dan dunia untuk berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan,” kata Bambang Permadi.

Greenmetric UI merupakan salah satu program dari Universitas Indonesia untuk menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Berikut daftar peringkat 10 kampus terhijau di Indonesia yakni UI, Undip, UGM, IPB, ITS, Universitas Negeri Semarang, UNS, UII, Universitas Telkom, dan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

About The Author

Reply