Lulusan UAJY Harus Bisa Adaptasi di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Prof Ir Yoyong Arfiadi, MEng, PhD, mengharapkan lulusan UAJY harus bisa beradaptasi di masa pandemi Covid-19. Alumni juga diharapkan tetap memiliki semangat berkarya dan menciptakan hal-hal yang kreatif.

Rektor UAJY mengemukakan hal itu pada Wisuda Periode I Tahun Akademik 2020/2021 secara Daring melalui kanal YouTube UAJY, Sabtu (28/11/2020). Ada 13 orang yang hadir di kampus untuk mewakili wisudawan tiap program studi dan satu orang mewakili program pascasarjana.

UAJY mewisuda 527 sarjana dengan rincian 506 Sarjana Strata Satu dan 21 Sarjana Strata Dua (Magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 93 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 47.975 Sarjana dengan rincian 45.507 Sarjana Strata Satu dan 2.438 Sarjana Strata Dua.

Menurut Yoyong pandemi Covid-19 belum tahu kapan akan berakhir. Prediksi para ahli epidemiologi dan matematikawan terkait kapan pandemi akan berakhir, sejauh ini belum ada yang benar-benar tepat.

“Menunggu memang bukan pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi menunggu sesuatu yang tidak pernah datang atau tidak diketahui kapan akan datang. Untuk itu marilah kita menghadapi situasi ini dengan kreatif dan semangat berkarya. Sebagai lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, saya yakin Anda dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada dan secara kreatif menghadapi keadaan ini,” kata Yoyong.

Di era digital, kata Yoyong, para pelaku bisnis terus mengembangkan teknologi dengan semakin cepat. Fenomena ini ditunjukkan dengan lahirnya berbagai produk-produk berbasis teknologi.

“Jika selama ini kita diramaikan dengan teknologi Artifical Intelligence (AI) yang mendukung manusia dalam banyak aktivitas, beberapa waktu ini juga terdapat teknologi yang cukup fenomenal di bidang geospasial, yakni teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging),” papar Yoyong.

Dalam wisuda kali ini, Krise Lewitalenta dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Lewi lulus Sarjana Ilmu Komunikasi dengan predikat cumlaude dengan meraih IPK 3,83.

Selama menempuh kuliah di UAJY, Lewi termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan. Di antaranya, meraih 5 Besar Lomba Public Relations Campaign Bulan Komunikasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2019. Selain itu, Lewi juga berhasil meraih Juara I dalam Lomba Vlog Tingkat Regional yang diselenggarakan UAJY tahun 2020. Lewi merupakan salah satu penerima Beasiswa Program Seleksi Siswa Berprestasi (PSSB) tahun 2017-2020.

Menurut Lewi, wisuda bukanlah akhir melainkan awal dari perjuangan baru untuk menghadapi dunia kerja. Terlebih persaingan dunia kerja yang cukup ketat, sebab lulusan perguruan tinggi lebih banyak dibandingkan dengan lapangan kerja.

“Ayo kita harus menaklukkan persaingan itu dan membuktikan bahwa lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta bukanlah lulusan biasa, melainkan lulusan yang unggul dan layak untuk memenangkan persaingan,” kata Lewi.

About The Author

Reply