Perpustakaan UAJY Raih Akreditasi A

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meraih Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Prestasi ini diperoleh berdasarkan hasil evaluasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan dan akan berlaku selama lima tahun.

Kepala Perpustakaan UAJY, Drs A Sri Wibowo mengemukakan hal tersebut dalam rilis yang dikirim ke redaksi jogpaper.net, Jumat (6/11/2020). Akreditasi tersebut berlaku selama limatahun (28 September 2020 – 28 September 2025).

“Proses persiapan akreditasi telah dilakukan oleh pihak perpustakaan UAJY mulai Maret. Secara intens proses mengisi instrumen dan melengkapi dokumen dilakukan pada awal bulan Juni 2020. Diajukan ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI pada 28 Agustus 2020. Kemudian visitasi secara daring pada tanggal 12 September 2020,” jelas Sri Wibowo.

Proses pengajuan akreditasi, kata Sri Wibowo, tidak digarap Tim Perpustakaansaja. Namun juga dengan bantuan unit-unit lain di UAJY terutama dokumen-dokumen yang dimiliki setiap kantor.

Selama proses sertifikasi di tengah pandemi, Tim Perpustakaan sempat mengalami beberapa hambatan. “Hambatan yang paling menonjol dirasakan adalah ketika harus melengkapi dokumen video profil perpustakaan,” kata Wibowo.

Selain itu, tambah Wibowo, menyiapkan akreditasi di tengah pandemi dengan kondisi kampus tutup juga menjadi hambatan, terutama dalam pengambilan video profil. Tim Perpustakaan bekerjasama dengan Alumni FISIP UAJY untuk membuat video profil berjudul ‘Kesiapan Digital Perpustakaan UAJY.’

Menurut Wibowo, Perpustakaan UAJY memiliki goal ‘A Journey to Synergy’ yaitu tercipta sinergi antara dosen mahasiswa dan pustakawan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, perpustakaan juga diharapkan mampu menyediakan koleksi dan sistem layanan yang menunjang proses pembelajaran di UAJY.

About The Author

Reply