AWS Berikan Space Gratis bagi Mahasiswa dan Dosen untuk Startup

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Amazon Web Services (AWS) memberikan space gratis bagi mahasiswa dan dosen yang ingin memulai usaha (startup). Selain itu, AWS juga memberikan bimbingan usaha mulai dari ide hingga menjadi usaha nyata.

Demikian Furin Ongko, Program Manager pada AWS Educate pada Webinar Technology Startup yang digelar Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa (3/11/2020). Selain Furin Ongko, webinar juga menampilkan pembicara Michael Say, Vice President Corporate Affairs Regional Gojek, dan Nailah Rahmah, Merchant Education Specialist Tokopedia.

Lebih lanjut Furin Ongko menjelaskan ide bisnis yang dirintis seorang startup tidak langsung berhasil. Namun startup akan menemui kegagalan-kegagalan dalam berbisnis. “Kalau gagal ya, harus dicoba lagi, dan dicari apa kesalahan hingga berhasil,” kata Furin.

Sedang Bagus Panuntun SE, MBA, Wakil Direktur Inkubator Bisnis Mahasiswa (IBISMA) UII mengatakan webinar ini merupakan kegiatan awal dari Growth Festival 2020. Growth Festival merupakan kegiatan berskala nasional yang diselenggarakan UII dalam kerangka penta-helix dari ekosistem inovasi dan kewirausahaan di Indonesia.

Kegiatan ini, kata Bagus, dikoordinir Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional (DK/KUI), Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh (Growth Hub UII) dan Inkubator Bisnis & Teknologi IBISMA. Kegiatan ini mendapatkan dukungan Konsorsium Erasmus+ GITA (University of Gloucestershire Inggris; University of Innsbruck Austria; Technology University of Dublin Irlandia; Fachhochschule des Mittelstands University Jerman).

“Tujuan utama Growth Festival adalah mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian dan invensi di perguruan tinggi, serta berbagai macam aktivitas pengembangan kewirausahaan dari sivitas akademika (mahasiswa & dosen) yang kemudian dihilirisasi dan dikomersialisasi demi menyelesaikan berbagai persoalan bangsa melalui inovasi,” kata Bagus.

Kehadiran praktisi AWS, Gojek, dan Tokopedia, jelas Bagus, diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi peserta webinar. “Webinar technology ini diikuti lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mahasiswa, dosen, pemilik bisnis serta terbuka untuk masyarakat umum. Sehingga webinar ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan kebermanfaatan luas bagi pengembangan kewirausahaan serta inovasi di Indonesia,” harapnya.

About The Author

Reply