Mahasiswa Baru UII Ikuti Pesona Ta’aruf Secara Daring

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) 2020/2021 jenjang Sarjana (S1) dan Diploma (D3) mengikuti Pesona Ta’aruf (Pesta) secara Daring (dalam jaringan). Mereka mengikuti Pesta dari rumah masing-masing melalui Website , Zoom Meeting, YouTube dan Instagram UII, Rabu – Ahad (9-13/9/2020).

Dijelaskan Beni Suranto, ST, MSoftEng, Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII Pesta mahasiswa baru ini dilaksanakan secara penuh melalui Daring karena pandemi Covid-19. Kegiatan ini melibatkan 308 panitia dan diikuti lebih dari 6.000 mahasiswa baru yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Beni Suranto mengapresiasi panitia yang telah menyiapkan berbagai konten dan aktivitas live (interaktif). Antusiasme mahasiswa baru dalam mengikuti Pesta UII 2020 juga sangat luar biasa. Mereka berpartisipasi aktif dalam menyampaikan pertanyaan di sesi-sesi webinar maupun talkshow dan interaksi antar mahasiswa baru.

“Kegiatan ini mengangkat tema ‘Mahasiswa UII Generasi Insan Ulil Albab sebagai Pondasi Tatanan Baru’ yang bertujuan mengenalkan berbagai hal tentang UII kepada mahasiswa baru. Di antaranya, sejarah, nilai-nilai utama, visi & misi, fasilitas, layanan, berbagai hal terkait kegiatan kemahasiswaan (Lembaga Mahasiswa, UKM, prestasi mahasiswa),” kata Beni di Kampus UII Yogyakarta, Ahad (13/9/2020).

Selain itu, kata Beni, juga mengundang pembicara yang relevan dengan isu-isu aktual terkait dengan keislaman, kebangsaan, kebudayaan, literasi mahasiswa, dakwah di era teknologi informasi, situasi pandemi Covid-19 dan tatanan baru, kewirausahaan (entrepreneurship). Narasumber internal Prof Fathul Wahid, ST, MSc, PhD (Rektor UII), Prof Moh Mahfud MD (alumni & dosen UII, MENKOPOLHUKAM RI), Dr Busyro Muqoddas, SH, MHum (alumni & dosen UII, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM), Rizal Hamdallah (alumni UII, COO Ocean Spray Cranberries Inc.).

Sedang pembicara eksternal dr Reisa Broto Asmoro (Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19), Kang Maman Suherman (penulis), Gus Baha (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an LP3IA), SkinnyIndonesia24 (youtuber). Juga Ridwan Saidi (budayawan), Dedik Priyanto (managing editor islami.co), Ust. Das’ad Latif (pendakwah), dan Kalis Mardiasih (penulis, aktivis perempuan).

Sementara Akbar Daffa Raharja, Ketua Steering Committee Pesona Ta’aruf 2020, mengatakam mahasiswa baru sebagai anak muda harus mampu beradaptasi terhadap segala perubahan. UII ingin memperkenalkan inovasi dan terobosan kampus dalam menghadapi pandemi.

Selain itu, kata Akbar, UII juga ingin mengingatkan Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan keindahan alam. Sehingga panitia mengharapkan mahasiswa baru saling berbagi informasi tentang kekayaan daerah masing-masing untuk meningkatkan pengetahuan satu sama lain.

“Diharapkan berawal dari rasa tahu, menjadi rasa ingin memiliki, dan berakhir dengan sikap menjaga kelestarian serta kekayan alam Indonesia sehingga dapat terus dinikmati,” kata Akbar.

About The Author

Reply