Prodi Statistika UII Raih Akreditasi A, Ini Keunggulannya

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Program Studi (Prodi) Statistika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) baru saja meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pergurun Tinggi (BAN PT). Bahkan pencapaian akreditasi A ini merupakan satu-satunya Prodi Statistika di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Indonesia.

Apa keunggulan Prodi Statistika FMIPA UII?
Ketua Prodi Stastistika UII, Dr Edy Widodo, SSi, MSi, menjelaskan beberapa keuggulan yang dimiliki. Pertama, satu-satunya Prodi Statistika di Indonesia yang memiliki Konsentrasi Manajemen Kebencanaan. Lokasi geografis yang dekat dengan Gunung Merapi membuat Prodi Statistika UII harus ikut berkontribusi dalam hal mitigasi kebencanaan.

Konsentrasi studi Statistika Manajemen Kebencanaan, kata Edy, didukung laboratorium. Dosen dan mahasiswa konsentrasi Statistika Manajemen Kebencanaan mendapat fasilitas terkait penelitian dalam hal mitigasi kebencanaan.

Kedua, Prodi Statistika UII merupakan yang pertama memiliki kosentrasi Data Sains. “Kami merupakan prodi yang aware tentang evolusi Statistika di zaman teknologi informasi seperti ini, yang berujung kepada analisis Big Data,” kata Edy di Yogyakarta, Selasa (11/8/2020).

Prodi Statistika UII, kata Edy, menyadari aplikasi ilmu Statistika di zaman sekarang ini sudah sangat luas, bahkan mungkin terlalu luas. Sehingga Prodi Statistika UII berusaha untuk mengajarkan kepada mahasiswa tentang pentingnya data yang sangat melimpah dan bagaimana cara pengolahannya yang benar-benar. Kondisi ini, Prodi Statistika UII memunculkan jargon “genggam data kuasai dunia”.

Hal itu sebagai symbol Prodi Statistika UII menyadari bahwa data akan sangat berpengaruh dalam segala aspek di dunia. Seperti pengukuran mutu, penentuan kebijakan, dan lain-lain. Semuanya berdasarkan dari data.

Karena itu, Prodi Statistika UII membekali mahasiswa dengan kemampuan pengolahan data dalam jumlah yang sangat banyak tersebut dan menyiiapkan laboratorium data mining. “Bahkan Prodi Statistika UII merupakan salah satu Prodi Statistika di Indonesia yang menjadi pioneer tentang ‘melek’ Big Data ini,” tandas Edy.

Selain konsentrasi Statistika Manajemen Kebencanaan dan Data Sains, Prodi Statistika UII juga memiliki tiga konsentrasi studi yang lain yaitu Bisnis Sosial, Industri, dan Aktuaria. Masing-masing konsentrasi ini didukung dengan adanya laboratorium Bisnis Industri Sosial.

“Ketiga konsentrasi tersebut kami sediakan demi memberikan keterkecukupan tenaga tenaga statistik yang ahli dalam bidang-bidang tersebut. Prodi Statistika UII juga memiliki dua pusat studi yang baru diresmikan pada tahun 2019 yaitu Statistics And Bioinformatics Research Center (SBRC) dan Artificial Intelligence Creative Center of Excellence (AICC),” kata Edy. (*)

About The Author

Reply