Mahasiswa UII Juara Umum di ‘April Absurdity’

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Tim Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) meraih dua gelar juara umum pada kompetisi ‘April Absurdity’. Tim Mahasiswa FBE UII yang terdiri dari Arsanta Widyadharma, Adin Ihtisyamuddin, M Faiq Jauhar, Ainun Jariyah, Sukma Putri, dan Akhlis Faris Mushaffa menjadi juara umum pada MonsoonSIM Australia dan ‘MonsoonSIM Indonesian League 2020’.

Kepala Unit Humas FBE UII, Baziedy Aditya Darmawan, SE, MM, mengemukakan hal tersebut dalam rilis yang dikirim ke redaksi jogpaper.net Sabtu (16/5/2020). ‘April Absurdity’ merupakan kompetisi Simulasi Bisnis tingkat nasional dan internasional.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi di sepanjang tahun 2020 ini memiliki dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pada sektor pendidikan di Indonesia. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Tim Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) untuk meraih prestasi di ajang nasional dan internasional,” kata Baziedy.

Dijelaskan Baziedy, ‘April Absurdity’ diselenggarakan MonsoonSIM Australia dan ‘MonsoonSIM Indonesian League 2020’. Älhamdulillah Tim FBE UII berhasil menjadi juara umum pada kedua ajang tersebut,” jelas Baziedy.

MonsoonSIM, kata Baziedy, merupakan sebuah platform pembelajaran pengelolaan bisnis secara virtual terkemuka yang telah diimplementasikan oleh berbagai perguruan tinggi. Platform ini telah digunakan lebih dari 70.000 pembelajar di seluruh dunia.

Menurut Baziedy, menjadi peserta dalam dua ajang bergengsi yang diadakan dalam waktu yang hampir bersamaan tentu menjadi tantangan yang luar biasa. Apalagi tahapan dan waktu kompetisi panjang, mulai dari babak kualifikasi grup hingga final yang berlangsung pada Maret sampai Mei 2020. Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan luar negeri sehingga kompetisi ini begitu ketat.

“Tim Mahasiswa FBE UII berhasil menjadi juara umum. Sedangkan Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia menempati urutan kedua dan President University berada di tempat ketiga,” kata Baziedy dengan bangga.

Sedangkan pada ‘MonsoonSIM Indonesian League 2020’, Tim Mahasiswa FBE UII menjadi juara pertama. Sedang Universitas Hasanuddin, Makassar menjadi runner-up pertama dan Universitas Galuh menjadi runner-up kedua. Tim Mahasiswa FBE UII mendapatkan total hadiah uang sebesar $100 USD dan Rp 5.000.000.

Dekan FBE UII, Prof Jaka Sriyana, SE, MSi, PhD, merasa bangga mahasiswanya bisa mengukir prestasi nasional dan internasional. Ia berharap prestasi ini menginspirasi seluruh mahasiswa dan sivitas akademika FBE UII untuk dapat terus berprestasi meski dalam masa pandemi Covid-19.

Juru bicara Tim Mahasiswa FBE UII, Adin Ihtisyamuddin menyampaikan kunci keberhasilan timnya dalam meraih gelar juara adalah berlatih dengan tekun dan kerja keras selama kompetisi. Menurutnya, komunikasi merupakan kunci utama untuk membangun kerja sama tim dalam mengelola bisnis virtualnya. Ia juga juga berharap pembelajaran pengelolaan bisnis secara virtual ini mampu meningkatkan kompetensi para mahasiswa dengan pendekatan di bidang teknologi.

About The Author

Reply