UII Luncurkan Warung Rakyat untuk Pegel

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Rabu (22/4/2020), meluncurkan tempat mangkal dalam jaringan (Daring) bagi pelaku ekonomi kerakyatan. Tempat mangkal Daring yang bernama Warung Rakyat ini menampung seluruh pengusaha golongan ekonomi lemah (Pegel) dan pribadi-pribadi yang banting usaha akibat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Rektor UII Yogyakarta, Prof Fathul Wahid ST, MSc, PhD kepada jogpaper.net melalui WhattsApp (WA), Rabu (22/4/2020). Warung Rakyat ini sengaja disediakan secara gratis. “Bagi pemilik warung silakan bergabung dengan menghubungi http://warungrakyat.uii.ac.id/usulwarung,” kata Fathul.

Dijelaskan Fathul, pandemi Covid-19 telah menghantam sendi-sendi perekonomian, terutama usaha kecil menengah (UKM). Karena itu, Warung Rakyat ini diluncurkan untuk mewadahi kelompok-kelompok UKM. Namun tidak tertutup bagi pribadi-pribadi yang alih profesi akibat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Warung Rakyat, kata Fathul, juga sudah memberikan filter agar wadah ini tidak disalahgunakan bagi pengusaha-pengusaha besar yang menyusup. Sebab Warung Rakyat dimaksudkan untuk membantu pengusaha ekonomi lemah.

Selain itu, Warung Rakyat juga sudah mengantisipasi terjadinya penipuan dalam transaksi melalui aplikasi ini. “UII berbahagia karena bisa membantu Pegel. Transaksi di Warung Rakyat tidak melibatkan uang dengan UII,” tandas Fathul.

About The Author

Reply