UWM Gelar Lomba TikTok Bagi Siswa SMA/K

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Widya Mataram (SainTek UWM) menggelar lomba Tik Tok bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K) yang telah menempuh ujian akhir sekolah. Lomba ini untuk menyalurkan dan mengekplorasi kreativitas para siswa/siswi SMA/K selama Stay at Home dalam melawan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Prof Dr Ir Ambar Rukmini, MP, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UWM mengemukakan hal tersebut dalam rilis yang dikirim ke redaksi jogpaper.net, Selasa (7/4/2020). UWM menyediakan hadiah uang bagi tiga pemenang dan satu juara favorit, serta memberikan kesempatan bagi juara untuk kuliah di UWM.

Dijelaskan Prof Ambar Rukmini, munculnya pandemi Covid-19 berdampak pada pemberlakuan study from home (SFH) bagi siswa di Indonesia. Hal ini membuat banyak siswa merasa jenuh, khususnya yang telah menempuh ujian akhir sekolahnya. Anak-anak yang sedang tumbuh tersebut merasa terkekang ketika harus berdiam diri untuk tinggal di rumah. Mereka membutuhkan wadah untuk menyalurkan kreativitasnya.

“TikTok yang dimaksudkan dalam lomba adalah video tarian yang memuat konten gerak dan lagu berdurasi pendek. Boleh berisi lip-sync atau komedi yang bertujuan mengasah dan menguji kreativitas peserta sekaligus menghibur penontonnya,” terang Prof Ambar.

Ketentuan video Tik Tok, kata Ambar, berdurasi 1-2 menit, tidak mengandung unsur suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Selain itu, video wajib memperlihatkan sikap dan pakaian sopan,sekaligus sebagai pembelajaran bagi penonton.

Karya wajib diunggah di akun Instagram (IG) atau Facebook (FB) masing-masing peserta dengan menandai (tag) @saintek_uwm, @arsitektur.uwm dan/atau @teknologipangan_uwm, selambat-lambatnya 29 Juni 2020. Pemilihan video 10 besar terbaik akan diumumkan pada 13 Juli 2020. Sedang pemilihan tiga besar dan satu video favorit diumumkan pada 20 Juli 2020.

Informasi lebih lengkap terkait perlombaan dapat menghubungi langsung Ketua Panitia Lomba, Istiana Adianti, ST, MSc, IAI melalui kontak 08122760780.

About The Author

Reply