UII Poles Calon Lulusan dengan Career Mentoring

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Universitas Islam Indonesia (UII) memberikan sentuhan akhir terhadap calon lulusan dengan Career Mentoring. Sehingga lulusan UII dapat menapaki karirnya sesuai dengan minat dan diharapkan bisa berjalan mulus.

Demikian ditandaskan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karier UII, Dr Zaenal Arifin, MSi kepada wartawan di sela-sela membuka Career Mentoring di Auditorium Kahar Mudzakkir, Senin (2/3/2020). Career Mentoring menghadirkan pembicara Sinu Waskhito, SFarm, Apt, Plant Manager Soft Gelatin Capsule PT Sanbe Farma; dan Syafri Yusal SE, MBA, Direktur PT AINO Indonesia.

Dijelaskan Zaenal, Career Mentoring ini dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun dengan materi manajer, entrepreneur, dan akademisi. Tujuannya memberikan sentuhan akhir agar lulusan siap kerja. “Sebetulnya, mereka sudah digembleng untuk mengembangkan karirnya sejak semester satu. Tetapi setiap pekerjaan itu, perlu sentuhan akhir atau finishing,” kata Zaenal.

Sementara Kepala Divisi Pengembangan Karier UII, Nur Pratiwi Noviati, SPsi, MPsi, Psi, mengatakan Career Mentoring merupakan rangkaian UII Integrated Career Day yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni Universitas Islam Indonesia (DPKA UII). UII Integrated Career Day merupakan rangkaian kegiatan, terdiri dari career mentoring, career seminar dan job fair.

Tujuan dari Career Mentoring, kata Nur Pratiwi, para alumni UII yang dihadirkan dapat menjadi mentor bagi mahasiswa dalam merancang aktivitas pengembangan kariernya. Sehingga mereka nantinya dapat berkarya sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk penyelenggaraan tahun ini Career Mentoring dibagi menjadi tiga aktivitas. Pertama Career Mentoring Profesional yaitu dengan menghadirkan alumni-alumni yang sudah bekerja secara profesional dan sudah sukses di bidangnya.

Kemudian yang kedua, Career Mentoring Entrepreneur, dengan menghadirkan pembicara dari para alumni yang sukses berwirausaha. Berikutnya yang terakhir Carier Mentoring dengan menghadirkan para alumni yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk melakukan studi lanjut.

“Harapan dari diselenggarakan Career Mentoring, para mahasiswa mendapatkan gambaran berkarya setelah lulus. Dalam penyelenggaraan ini untuk di bidang profesional. Bulan Juni depan untuk bidang entrepreneur dan di bulan September atau November untuk topik peraih beasiswa,” kata Nur Pratiwi.

About The Author

Reply