Mahasiswa Magister Harus Selesaikan Studi Empat Tahun

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Prof Dr Ir Hari Purnomo, Dekan Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menandaskan mahasiswa program magister dituntut untuk menyelesaikan studinya selama empat tahun. Jika melebihi waktu yang ditentukan mahasiswa bisa wisuda dan mendapatkan ijazah, tetapi tidak mendapatkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

Prof Hari Purnomo mengungkapkan hal tersebut saat melepas sembilan lulusan Program Studi Magister Teknik Industri, FTI UII di Yogyakarta, Jumat (27/12/2019) malam. Mereka akan mengikuti wisuda di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Sabtu (28/12/2019). Di antara lulusan ini dinilai beruntung karena ada yang menyelesaikan studi lebih dari empat tahun.

“Saudara lulus saat ini beruntung, karena belum diterapkan PIN yang mewajibkan mahasiswa magister selesai empat tahun. Kalau tidak mendapatkan PIN berarti ijazahnya palsu,” tandas Hari Purnomo.

Karena itu, Hari mengharapkan agar mahasiswa magister yang sudah melewati masa studi yang ditentukan diharapkan segera menyelesaikan studinya. Sebab penerapan PIN akan dimulai bulan September 2020. “Jadi masih ada waktu. Kalau sudah melewati, pilihannya lain, ya DO (drop out),” kata Hari Purnomo yang juga anggota Dewan Pakar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini.

Lulusan Magister, lanjut Hari, menyandang predikat sebagai pakar. Sehingga ketika terjun di masyarakat alumni Magister FTI harus menunjukkan kepakarannya. Selain itu, Hari juga berharap alumni magister harus terus menerus berlatih dan mencari ilmu baru untuk mempertahankan kepakarannya.

Sedang Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII, mengatakan banyak kendala yang dihadapi mahasiswanya untuk menyelesaikan studinya. Sebab di antara mereka belajar sambil bekerja dan mengurus keluarga sehingga kurang konsentrasi dalam kuliahnya.

Namun munculnya peraturan baru tentang PIN dinilainya efektif mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Bahkan di antara mereka berhasil menyelesaikan thesisnya dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Winda juga mengatakan mahasiswa yang sudah lulus dari Program Magister mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Sedangkan mereka yang sudah bekerja dapat digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat. “Banyak pesanan dari perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta yang memesan lulusan Magister Teknik Industri UII,” kata Winda.

About The Author

Reply