FTI UII Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII), Rabu (18/12/2019), menandatangani kerjasama dengan tiga mitra strategis untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Ketiga mitra adalah PT Jasa Raharja Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), PT Hari Mukti Teknik Karya Anak Bantul (Kanaba), dan Trisula.

Penandatangan dilakukan Dekan FTI UII, Prof Hari Purnomo, Akhdiyat Setya Purnama, Kepala PT Jasa Raharja DIY; Ashari, Direktur PT Hari Mukti Teknik; dan Dani Eko Wiyono, Direktur Trisula. PT Hari Mukti Teknik merupakan perusahaan manufaktur pengembangan industri usaha mikro kecil menengah (UKM). Sedang Trisula merupakan perusahaan developer software.

“FTI telah mengembangkan berbagai upaya dan kerjasama dengan perusahaan. Kita sudah bosan dengan teori-teori, dosen mengajar dengan pola one way sistem, sedang mahasiswanya ngantuk-ngantuk. Hal ini tidak disukai lagi,” kata Hari Purnomo sebelum penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di Kampus FTI UII.

Saat ini, lanjut Hari, FTI telah menerapkan sistem Student Center Learning (SCL) yang mendorong mahasiswa lebih aktif di dalam kelas. Bahkan sejumlah ruangan di FTI UII sudah didesain untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis SCL.

Menurut Hari, kompetensi mahasiswa sangat penting sebagai penentu diterima menjadi karyawan di perusahaan. Sedang ijazah, Indek Prestasi Komulatif (IPK) menempati urutan kesekian sebagai pertimbangan untuk diterima kerja.

Dalam kesempatan tersebut enam mahasiswa Jurusan Teknik Industri FTI UII menerima Beasiswa Penelitian Kolaborasi Magister Teknik Industri (MTI) FTI UII dan PT Jasa Raharja DIY sebesar Rp 30 juta. Mereka telah melakukan penelitian untuk mendukung keselamatan berlalu lintas Jasa Raharja.

Pertama, penelitian ‘Optimalisasi Samsat Online Nasional dalam Menunjang Target PAD Provinsi’ yang diketuai Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD. Sedang Asri Novia Sahraen dan Erniyani, mahasiswa S2 Magister Teknik Industrisebagai anggotanya.

Kedua, penelitian ‘Mencapai Zero Accident dengan Evaluasi Kualitas Produksi Kendaraan Bermotor.’ Penelitian diketuai Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, sedang Rezki Amelia Aminuddin AP dan Ninik Ernawati mahasiswa S2 Magister Teknik Industri sebagai anggotanya.

Ketiga, penelitian ‘Strategi Membangun Super Apps: Studi Kasus Aplikasi JRku PT Jasa Raharja (Persero)’. Penelitian diketuai Andrie Pasca Hendradewa ST, MT dan Muhammad Naufal Alfareza dan Mahendra Aji Wicaksana mahasiswa S1 Teknik Industri sebagai anggota.

About The Author

Reply