Mahasiswa Farmasi UII Raih Gold Award di Singapura

YOGYAKARTA, JOGPAPER.NET — Tiga mahasiswa Program Studi Farmasi, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) berhasil meraih Gold Award pada Advanced Innovation Global Competition di Nanyang Technological University, Singapura. Tim Tatolerin ini terdiri dari Andriyanto, Muhammad Hafizh Abiyyu Fathin Fawwazi, dan Aisyah Ajmala Rizki.

Dalam kompetisi yang dilaksanakan Jumat- Ahad (15-17/11/2019), mengangkat judul Eleutherine palmifolia Toothpaste Tablets as a Candidate for Natural, Eco-Friendly Caries-Preventive Agent. Tim Tatolerin yang berada di bawah bimbingan Arde Toga Nugraha, SFarm, MSc, Apt ini berhasil menemukan tablet dan sebagai pencegah karies gigi.

Dijelaskan Ardiyanto, Tatolerin merupakan bentuk sediaan berupa tablet dengan zat aktif ekstrak bawang Dayak. Tablet ini berfungsi layaknya pasti gigi yang digunakan untuk preventif penyakit karies gigi. “Ide tersebut berasal dari dosen pembimbing kami Bapak Arde Toga Nugraha,” kata Ardiyanto.

Menurut Ardiyanto, penemuan ini berkat kerja keras dan perjuangan yang tidak pernah berhenti. “Sebuah karya yang baik dan memuaskan tidak lepas dari perjuangan yang sangat sangat berliku-liku. Bagai labirin tanpa jalan keluar dan mustahil untuk keluar darinya. Tetapi semua perjuangan itu akan lebih mudah dilalui jika semua hal yang kita lakukan melibatkan Allah SWT, serta doa kedua orang tu dan kerjasama tim,” katanya.

Prestasi ini bagi Muhammad Hafizh, berkat usaha, ketekunan, pengorbanan dan belajar dari kegagalan. “Jangan pernah takut dengan kegagalan, teruslah belajar dan bermimpi dengan itu kalian akan mampu meraihnya. Jangan pernah katakan tidak bisa tanpa adanya usaha, ketekunan, pengorbanan dan kegagalan tidak akan pernah tercapai suatu cita-cita,” kata Muhammad.

Selain itu, lanjut Muhammad, jangan lupa di setiap usaha harus diiringi doa dan meminta ridho kedua orang tua. Sebab di balik kesuksesan seseorang , pasti ada sosok yang luar biasa. “Terus berkarya, tumbuh dan menumbuhkan untuk mengharuskan nama UII dan Bangsa Indonesia,” ujar Muhammad.

Sementara Aisyah Ajmala Rizqi mengharapkan prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa Prodi Farmasi, khususnya, dan mahasiswa UII pada umumnya. “Semoga teman-teman yang lain dapat termotivasi untuk mengikuti perlombaaan-perlombaan lain serta dapat membanggakan UII,” kata Aisyah.

About The Author

Reply